Bursa Shanghai 27 Maret Ditutup Turun Tipis Mengabaikan Profit Perusahaan Industri

328
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Senin (27/03), indeks Shanghai berakhir turun 0,08 persen atau 2,6 poin pada 3,266.82.

Bursa Saham Shanghai tergelincir karena optimisme keuntungan di perusahaan industri Tiongkok diimbangi dengan pembatasan properti dan tanda-tanda bahwa kebijakan moneter dapat lebih diperketat.

Menawarkan tanda-tanda baru pemulihan ekonomi Tiongkok, keuntungan dari perusahaan-perusahaan industri di negara itu melonjak 31,5 persen dalam dua bulan pertama 2017 dari tahun sebelumnya, karena harga komoditas melonjak.

Lihat : Keuntungan Perusahaan Industri Tiongkok Melonjak 31,5 Persen

Tetapi pasar mungkin sudah diperhitungkan dalam perbaikan keuntungan yang solid, sebagai laba perusahaan telah menguat, sementara langkah-langkah baru untuk menangkal gelembung harga aset memiliki beberapa pengaruh.

Tiongkok memperkenalkan aturan untuk membatasi pembelian properti komersial baru di Beijing oleh individu dalam langkah terbaru pemerintah untuk mendinginkan pasar properti, sementara bank sentral memilih untuk tidak menyuntikkan dana ke dalam sistem perbankan mengutip “tingkat likuidutas yang relatif tinggi”.

Di sisi positif, profitabilitas emiten membaik karena pemulihan ekonomi, dan investasi saham adalah yang lebih baik daripada obligasi dan properti di tengah kampanye deleveraging pemerintah.

Di sisi negatif, suku bunga naik lebih tinggi, sedangkan pembatasan properti dan upaya deleveraging meragukan keberlanjutan pemulihan, menekan valuasi ekuitas.

Sebagian besar sektor melemah, terseret penurunan saham konsumen dan infrastruktur, karena investor mengambil keuntungan setelah rally yang kuat baru-baru ini, sementara bank dan transportasi menguat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak negatif dengan kekuatiran pengetatan likuiditas keuangan. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 3165-3068, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 3367-3476.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center 
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here