Indeks Shanghai 29 Maret Bergerak Datar, Penguatan Wall Street Menahan Pelemahan

442
indeks shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Rabu (29/03), Indeks Shanghai bergerak negatif, saat ini terpantau turun tipis -1,80 poin atau -0,06 persen menjadi 3251.15. Pergerakan datar indeks Shanghai terpicu kekuatiran kebijakan pemerintah Beijing yang dapat menekan investor.

Bank Rakyat Tiongkok telah mengisyaratkan niat jelas untuk deleverage sistem keuangan. Untuk mencapai itu, bank sentral telah menaikkan suku bunga antar bank dua kali, dan bekerja sama dengan regulator lain di merubah aturan shadow banking untuk mengontrol kegiatan off-balance-sheet dari lembaga keuangan.

Kebijakan perumahan juga diperketat lebih lanjut di pasar di mana pembatasan yang ada telah gagal untuk menangkap apresiasi harga yang cepat. Mengikuti Kongres Rakyat Nasional (NPC), di mana para pembuat kebijakan menegaskan kembali komitmen mereka untuk mengendalikan gelembung properti, sejumlah kota lapis kedua telah mengumumkan langkah-langkah tambahan untuk mendinginkan pasar.

Demikian juga, Perdana Menteri Li Keqiang telah memberi sinyal, di NPC, kelanjutan dari kebijakan untuk mengurangi kelebihan kapasitas, deleverage utang perusahaan dan restrukturisasi BUMN.

Namun kekuatiran pengetatan kebijakan tersebut tertahan dengan sentimen positif penguatan bursa Wall Street.

Bursa saham AS berakhir naik pada akhir perdagangan Rabu dinihari (29/03) terdukung data kepercayaan konsumen yang kuat, yang mendorong kenaikan sektor keuangan.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 150,52 poin, atau 0,73 persen, menjadi ditutup pada 20,701.50. Indeks S & P 500 naik 16,98 poin, atau 0,73 persen, menjadi berakhir pada 2,358.57. Indeks Nasdaq menguat 34,77 poin, atau 0,60 persen, menjadi ditutup pada 5,875.14.

Lihat : Bursa Wall Street Naik Terdukung Peningkatan Optimisme Konsumen AS

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Shanghai berpotensi positif dengan penguatan bursa Wall Street dan positifnya data ekonomi. Namun jika sentimen pengetatan kebijakan muncul lagi, dapat menekan bursa. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 3174-3087, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 3354-3454.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here