Pertumbuhan Ekonomi AS Q4 2016 Melebihi Ekspektasi

424
Vibizmedia Photo

Pertumbuhan ekonomi AS kuartal akhir 2016 melambat dibandingkan kuartal sebelumnya, namun masih melebihi ekspektasi analis, sebagai belanja konsumen yang kuat memberikan dorongan yang sebagian diimbangi oleh keuntungan terbesar impor dalam dua tahun.

Produk domestik bruto meningkat pada tingkat tahunan 2,1 persen bukan dilaporkan sebelumnya pada kecepatan 1,9 persen, Departemen Perdagangan mengatakan pada hari Kamis (30/03).

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan PDB kuartal keempat akan direvisi naik ke tingkat 2,0 persen.

Ekonomi tumbuh pada tingkat 3,5 persen pada kuartal ketiga. Meskipun revisi ke atas untuk kuartal keempat, ekonomi hanya tumbuh 1,6 persen untuk semua tahun 2016, kinerja terburuk sejak 2011, setelah berkembang 2,6 persen pada tahun 2015.

Ada tanda-tanda bahwa kegiatan ekonomi melambat lebih lanjut dalam kuartal pertama, dengan pelebaran defisit perdagangan pada bulan Januari dan keduanya belanja konsumen dan konstruksi melemah.

Dengan pasar tenaga kerja dekat lapangan kerja, data mungkin mengecilkan kesehatan ekonomi – GDP juga cenderung melemah pada kuartal pertama karena perhitungan pengeluaran pemerintah telah diakui dan dicoba untuk menyelesaikan.

Federal Reserve Atlanta memperkirakan PDB meningkat pada tingkat 1,0 persen pada kuartal pertama.

Meskipun laju pertumbuhan moderat telah cukup untuk menurunkan pengangguran, itu adalah tantangan untuk tujuan Presiden Donald Trump mendongkrak pertumbuhan tahunan ke 4 persen dengan pemotongan pajak, meningkatkan belanja infrastruktur dan memotong peraturan.

Pemerintahan Trump telah menawarkan beberapa rincian tentang kebijakan ekonomi, dan bisnis dan kepercayaan konsumen telah melonjak menyusul kemenangan pemilu November lalu.

Setelah usaha yang gagal minggu lalu oleh Partai Republik di parlemen AS untuk mencabut hukum 2010 kesehatan pemerintahan Obama, ekonom mengatakan Trump menghadapi jalan sulit di depan melaksanakan agenda pro-pertumbuhannya.

Pemerintah juga melaporkan bahwa keuntungan perusahaan setelah pajak dengan penilaian persediaan dan penyesuaian konsumsi modal meningkat pada tingkat tahunan 2,3 persen pada kuartal keempat setelah naik pada kecepatan 6,7 persen dalam tiga bulan sebelumnya.

Keuntungan diadakan kembali oleh penyelesaian $ 4,95 milyar antara anak perusahaan AS dari Volkswagen AG dan federal AS dan pemerintah negara bagian untuk pelanggaran peraturan lingkungan. Akibatnya, ekonomi tumbuh di hanya tingkat 1,0 persen bila diukur dari sisi pendapatan, pengereman tajam dari kecepatan 5,0 persen pertumbuhan pada kuartal ketiga.

Pertumbuhan belanja konsumen, yang menyumbang lebih dari dua-pertiga dari kegiatan ekonomi AS, direvisi naik ke tingkat 3,5 persen pada kuartal keempat. Hal itu sebelumnya dilaporkan telah meningkat pada tingkat 3,0 persen.

Belanja konsumen sedang didukung oleh pengetatan pasar tenaga kerja. Sebuah laporan terpisah dari Departemen Tenaga Kerja pada hari Kamis menunjukkan klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara jatuh 3.000 ke disesuaikan musiman 258.000 untuk pekan yang berakhir 25 Maret.

Klaim sekarang telah di bawah 300.000, ambang batas yang berhubungan dengan pasar tenaga kerja yang sehat untuk 108 minggu berturut-turut. Itu adalah terpanjang sejak 1970, ketika pasar tenaga kerja lebih kecil.

Permintaan domestik meningkat pada tingkat 3,4 persen yang kuat pada kuartal keempat, laju tercepat dalam dua tahun.

Beberapa peningkatan permintaan itu kenyang dengan impor, yang meningkat pada tingkat 9,0 persen. Itu adalah kenaikan terbesar sejak kuartal keempat 2014 dan revisi ke atas dari 8,5 persen laju pertumbuhan yang dilaporkan bulan lalu.

Ekspor turun lebih dari perkiraan sebelumnya, meninggalkan defisit perdagangan yang mengurangi 1,82 persentase poin dari pertumbuhan PDB bukan dilaporkan sebelumnya 1,70 persen.

Kuatnya permintaan domestik dan pertumbuhan impor berarti investasi persediaan lebih kuat dari perkiraan sebelumnya. Bisnis akumulasi persediaan pada tingkat $ 49,6 miliar pada kuartal terakhir, bukannya $ 46,2 miliar yang dilaporkan bulan lalu.

Bisnis investasi direvisi lebih rendah untuk mencerminkan kecepatan yang lebih sederhana pengeluaran kekayaan intelektual, yang meningkat pada tingkat 1,3 persen daripada yang sebelumnya diperkirakan laju 4,5 persen.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center 
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here