Bursa Tokyo 3 April Ditutup Positif, Saham Toshiba Anjlok 5,5 Persen

388
indeks nikkei
Vibizmedia Photo

Di akhir perdagangan bursa saham Jepang Senin (03/04), indeks Nikkei ditutup naik 0,39 persen atau 74 poin di 18,983.23. Penguatan bursa Tokyo terdukung peningkatan optimisme bisnis produsen Jepang.

Kepercayaan bisnis produsen besar Jepang meningkat untuk dua kuartal berturut-turut untuk mencapai 1,5 tahun tertinggi di Maret, demikian survei bank sentral yang diawasi ketat menunjukkan Senin (03/04), sebagai tanda manfaat dari pemulihan ekonomi yang didorong ekspor yang meningkat.

Indeks utama mengukur sentimen bisnis produsen besar naik menjadi 12 pada bulan Maret dari 10 tiga bulan lalu, Tankan menunjukkan pada hari Senin, jatuh sedikit pendek dari perkiraan pasar tapi menandai tertinggi sejak Desember 2015.

Indeks yang mengukur sentimen besar non-produsen meningkat 2 poin dari 20, naik untuk pertama kalinya dalam enam kuartal dan mencapai level tertinggi sejak Maret 2016, survei menunjukkan.

Lihat : Optimisme Produsen Besar Jepang Maret Naik Tertinggi 1,5 Tahun

Namun pelaku pasar mengatakan bahwa meskipun hasil keseluruhan optimisme produsen Jepang adalah positif, kekhawatiran tentang prospek sektor seperti otomotif masih menekan, sehingga kenaikan bursa tertahan.

Sikap proteksionis Presiden AS Donald Trump muncul membebani prospek mobil besar, survei BOJ menunjukkan, dengan sub-indeks di ditambah 9, turun 9 poin dari tiga bulan yang lalu.

Saham Toshiba jatuh 5,47 persen pada hari Senin setelah Reuters melaporkan bahwa perusahaan Jepang ini mungkin akan kehilangan tenggat waktu ketiga untuk melaporkan hasil bisnis kuartalan.

Sedangkan indeks Nikkei berjangka Jepang terpantau turun -40,00 poin atau -0,21 persen pada 19,010, turun dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 19,050.

Malam nanti akan dirilis data ISM Manufacturing PMI dan Markit Manufacturing PMI Maret AS yang diindikasikan melemah. Jika terealisir dapat menekan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Nikkei berpotensi lemah jika bursa Wall Street terealisir melemah. Namun akan juga mencermati pergerakan mata uang Yen. Secara teknikal Indeks Nikkei akan bergerak dalam kisaran Support 18,572-18,043, dan kisaran Resistance 19,582-20,063.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here