Harga Karet Tocom 3 April Berakhir Tidak Berubah, Pergerakan Yen dan Minyak Mentah Dicermati

448

Harga karet Tocom pada perdagangan sesi siang Senin (03/04) berakhir tidak berubah. Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu September 2017 tidak berubah di tengah liburnya pasar Tiongkok.

Harga karet Tocom terbantu sentimen positif meningkatnya optimisme bisnis perusahaan besar Jepang.

Kepercayaan bisnis produsen besar Jepang meningkat untuk dua kuartal berturut-turut untuk mencapai 1,5 tahun tertinggi di Maret, demikian survei bank sentral yang diawasi ketat menunjukkan Senin (03/04), sebagai tanda manfaat dari pemulihan ekonomi yang didorong ekspor yang meningkat.

Indeks utama mengukur sentimen bisnis produsen besar naik menjadi 12 pada bulan Maret dari 10 tiga bulan lalu, Tankan menunjukkan pada hari Senin, jatuh sedikit pendek dari perkiraan pasar tapi menandai tertinggi sejak Desember 2015.

Indeks yang mengukur sentimen besar non-produsen meningkat 2 poin dari 20, naik untuk pertama kalinya dalam enam kuartal dan mencapai level tertinggi sejak Maret 2016, survei menunjukkan.

Lihat : Optimisme Produsen Besar Jepang Maret Naik Tertinggi 1,5 Tahun

Namun sentimen positif tersebut dibayangi liburnya pasar Tiongkok yang ditutup pada hari Senin dan Selasa untuk liburan Ching Ming Festival. Liburnya pasar Tiongkok membuat permintaan dari konsumen besar Tiongkok merosot.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak September 2017 siang ini berakhir tidak berubah pada posisi 249,00 yen per kilogram, sama dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya pada 249,00 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan selanjutnya hari ini masih berpotensi melemah jika pelemahan minyak mentah berlanjut. Namun juga perlu dicermati pergerakan mata uang Yen yang tampak melemah, dapat memberikan dukungan.

Untuk sesi perdagangan selanjutnya harga diperkirakan akan menemui level Support di posisi 245,00 yen. Support selanjutnya ada di 240,00 yen. Sementara itu jika harga menguat akan menemui Resistance di posisi 254,00 yen dan 259 yen.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here