Harga Batubara Rotterdam Melonjak 5 Persen Terpengaruh Serangan Topan Debbie

395

Pada akhir perdagangan Selasa dinihari (04/04), harga batubara Rotterdam naik terpicu serangan topan di Australia yang menghambat produksi.

Harga batubara naik terpengaruh banjir yang disebabkan oleh Tropical Cyclone Debbie yang melumpuhkan ekspor dari eksportir terbesar dunia Australia.

Topan melanda pantai timur Australia pekan lalu dengan angin kencang menyebabkan banjir dan tanah longsor di Queensland, produsen lebih dari 50 persen dari batubara coking yg berlayar di laut di dunia.

Di akhir perdagangan harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak Mei 2017 berada di posisi 76,15 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami penguatan sebesar 3,80 dollar atau setara dengan 5,25 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Malam nanti akan dirilis data perdagangan Februari AS yang diindikasikan terjadi penyempitan defisit neraca perdagangan. Jika terealisir dapat menguatkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga batubara berjangka Rotterdam pada perdagangan selanjutnya berpotensi lemah jika dollar AS terealisir menguat. Harga batubara berjangka berpotensi menguji level Support pada posisi 75,65 dollar dan Support kedua di level 75,15 dollar. Sedangkan level Resistance yang akan diuji jika terjadi kenaikan harga ada pada posisi 76,65 dollar dan 77,15 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here