Bursa Eropa 5 April Bergerak Mixed Mencermati Data Ekonomi

513

Bursa saham di Eropa bergerak mixed pada perdagangan Rabu (05/04) dengan investor mencermati data ekonomi dari menantikan pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Indeks FTSE bergerak pada 7.331,01, naik 9.19 poin atau 0,13%

Indeks DAX bergerak pada 12.248,29, turun -34,05 poin atau -0,28%

Indeks CAC bergerak pada 5.108,58, naik 7.45 poin atau 0,15%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 10.428,00, naik 66.80 poin atau 0,64%

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 datar dengan sebagian besar sektor di wilayah negatif. Saham otomotif memimpin pelemahan di penawaran pagi, turun 0,5 persen, memperpanjang kerugian Selasa setelah data menunjukkan penurunan dalam penjualan mobil di AS.

Saham perawatan kesehatan juga lebih rendah, turun 0,4 persen, karena anggota parlemen AS melakukan upaya-upaya untuk mendamaikan perbedaan untuk menggantikan Obamacare dan produsen obat GSK mengumumkan menarik kembali 600.000 inhaler asma. Saham perusahaan ini sedikit lebih rendah.

Di ujung lain dari benchmark, saham minyak dan gas mengungguli rekan-rekan mereka, naik 1,26 persen menyusul indikasi pengetatan bertahap di pasar. Minyak mentah Brent diperdagangkan di $ 54,67 per barel, 0,9 persen lebih tinggi, dan WTI dijual di $ 51,52, 0,96 persen lebih tinggi. Selanjutnya, saham sumber daya dasar juga di antara para pemain terbaik. Penambang besar yang mengambil keuntungan dari harga batubara yang lebih tinggi.

Saham perbankan juga melonjak pada pernyataan yang dibuat oleh peraturan keuangan Trump. Dia berjanji Selasa “untuk melakukan potongan rambut besar pada Dodd-Frank” – seperangkat aturan yang diperkenalkan di tengah krisis keuangan.

Melihat saham individu, perusahaan energi asal Finlandia Fortum gagal meyakinkan investor dengan komisi untuk proyek solar 70 MW. Perusahaan berada di bawah benchmark, turun hampir 10 persen. CEO-nya kepada Reuters bulan lalu menyatakan bahwa ia tertarik untuk membuat akuisisi yang cukup besar di sektor listrik Eropa tahun ini.

Sementara itu, ada banyak berita di sektor pembangun rumah U.K. ini. Bovis Homes telah menolak pendekatan pengambilalihan dari Galliford Try. Namun, menyewa Greg Fitzgerald sebagai chief executive baru, yang menghabiskan 30 tahun di Galliford. Bovis adalah 4,3 persen lebih tinggi pada transaksi pagi.

Telford Homes mengatakan bahwa akan mengumumkan pendapatan dan keuntungan rekor untuk akhir tahun di bulan Maret, sedikit di depan dari ekspektasi pasar. Sahamnya naik 1,7 persen di berita.

Dalam hal data, data dari IHS Markit menunjukkan layanan PMI zona euro melompat ke 56,4 bulan lalu dari 56 pada bulan Februari.

Di Inggris, layanan PMI datang lebih kuat dari yang diharapkan mencapai 55,0 pada Maret, setelah pembacaan 53,3 pada bulan Februari. Akibatnya, sterling naik, memulihkan beberapa nilainya terhadap dolar.

Di tempat lain, investor mencermati hubungan AS-Tiongkok dengan kedua pemimpin dijadwalkan bertemu Kamis di Mar-a-Lago. Perdagangan disiapkan menjadi bahan diskusi serta hubungan dengan Korea Utara. Pada hari Rabu, Korea Utara melakukan uji coba rudal balistik lain yang mendarat di Laut Jepang.

Di Eropa, kandidat untuk pemilihan presiden Perancis mendatang akan melakukan debat televisi kedua mereka, di mana calon independen Emmanuel Macron berhadapan dengan pemimpin sayap kanan Marine Le Pen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan mencermati data ekonomi Eropa dan pergerakan bursa Wall Street.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here