Bursa Shanghai 5 April Ditutup Melonjak 1,5 Persen, Tertinggi 8 Bulan

488

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Rabu (05/04), indeks Shanghai berakhir naik 47,68 poin, atau 1,48 persen, pada 3270.20. Bursa Saham Shanghai berakhir menguat membukukan hari terbaik dalam delapan bulan, karena para investor menyambut keputusan Beijing untuk meluncurkan zona ekonomi baru di provinsi Hebei, membawa saham dari beberapa perusahaan terkait melonjak melewati batas harian dari 10 persen.

Indeks CSI300 blue-chip naik 1,4 persen menjadi 3,503.89 poin, sedangkan indeks komposit Shanghai naik 1,5 persen menjadi 3,270.31 poin.

Pemerintah Tiongkok pada hari Sabtu menyetujui zona ekonomi khusus baru, digambarkan sebagai “proyek seribu tahun”, di provinsi tercemar berat dari Hebei, untuk fokus pada kelompok bangunan berteknologi tinggi dan bisnis yang inovatif dan mengambil alih beberapa “fungsi non-modal” dari Beijing.

Analis mengidentifikasi beberapa sektor selain dari properti yang akan mendapat manfaat dari rencana, termasuk saham lingkungan dan infrastruktur.

Indeks pelacakan pengembang besar menambahkan 1,6 persen, meskipun larangan Beijing pada penjualan properti terhadap spekulan setelah booming perumahan mendadak dalam zona ekonomi baru.

Kekhawatiran atas pengetatan likuiditas agak mereda, dengan bank sentral negara itu mengatakan akan bergantung pada berbagai alat kebijakan moneter untuk menjaga likuiditas pada tingkat yang stabil.

Bank sentral menyuntikkan 618.990.000.000 yuan ($ 89860000000) ke dalam sistem keuangan melalui alat likuiditas jangka pendek dan jangka menengah pada Maret, naik hampir 50 persen dari bulan sebelumnya.

Sektor rally di seluruh papan, yang dipimpin oleh saham infrastruktur dan bahan, melihat manfaat besar dari pengembangan zona baru.

Saham lebih dari 30 perusahaan yang terkait dengan zona ekonomi baru melonjak melebihi batas maksimum yang diizinkan 10 persen, termasuk pengembang BBMG Corp, pembuat semen Jidong Cement dan Operator pelabuhan Tianjin Port.

Esok hari akan dirilis data Caixin Services PMI Maret dan Caixin Composite PMI Maret yang diperkirakan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak psoitif jika data Caixin Services dan Composite terealisir naik. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 3174-3076, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 3371-3473.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center 
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here