Bursa Eropa Bergerak Mixed Terpicu Komentar Dovish Draghi

461

Bursa Eropa bergerak mixed pada perdagangan Kamis (06/04) mencerna risalah pertemuan The Fed yang menunjukkan The Fed berencana memangkas neraca dan komentar dovish dari Presiden ECB Mario Draghi.

Indeks FTSE bergerak pada 7.310,45, turun -21,23 poin atau -0,29%

Indeks DAX bergerak pada 12.194,65, turun -22,89 poin atau -0,19%

Indeks CAC bergerak pada 5.103,93, naik 12,08 poin atau 0,24%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 10.440,80, naik 38,10 poin atau 0,37%

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 adalah 0,25 persen lebih rendah dengan sebagian besar sektor perdagangan di wilayah negatif. Saham perbankan dan jasa keuangan memimpin penurunan di transaksi pagi menyusul komentar dari Presiden ECB (Bank Sentral Eropa) Mario Draghi bahwa kebijakan bank memadai dan belum terlalu dini untuk memulai pengetatan. Euro telah diperdagangkan sedikit naik pada hari, tetapi jatuh setelah komentar Draghi, memukul rendah tiga minggu di $ 1,0629.

Di AS, The Fed mengisyaratkan kesediaan untuk mengurangi $ 4,5 triliun obligasi pada neraca di beberapa titik tahun ini.

Melihat saham individu, perusahaan minyak Anglo-Irlandia Tullow Oil turun hampir 15 persen pada awal perdagangan tetapi segera dipangkas kerugian dan berakhir di bagian atas patokan Eropa di akhir perdagangan pagi. Itu hampir 6 persen lebih tinggi. Kamis adalah hari pertama perdagangan saham perusahaan setelah rights issue $ 750 juta, Financial Times melaporkan.

Sementara itu, penerbit Inggris Pearson turun 8 persen pada perdagangan pagi menyusul penurunan peringkat oleh BNP Paribas. Produsen obat BTG termasuk yang berkinerja terbaik pada perkiraan pendapatan fiskal 2017 akan datang pada atau di atas ekspektasi. Juga, Electrocomponents naik 3,6 persen di tengah ekspektasi bahwa keuntungan setahun penuh akan melebihi perkiraan pasar.

Di Inggris, Unilever bergerak sedikit lebih tinggi pada awal perdagangan setelah mengumumkan bahwa itu menggabungkan dua unit bisnis utama dan meningkatkan imbal hasil pemegang saham.

Investor juga tampaknya akan mengambil pendekatan defensif menjelang pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping. Mereka ditetapkan untuk membahas perdagangan dan hubungan dengan Korea Utara Kamis ini di Mar-a-Lago.

Dalam hal data, data industri Jerman terbaru menunjukkan pemulihan pada bulan Februari setelah jatuh tajam pada bulan sebelumnya. Kontrak naik 3,4 persen pada bulan ini, sedikit di bawah ekspektasi.

Harga minyak bergerak sedikit lebih tinggi pada Kamis setelah lebih tinggi dari yang diharapkan dalam persediaan AS. Brent diperdagangkan pada $ 54,40 per barel dan WTI dijual di $ 51,16 per barel.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan bergerak lemah dengan komentar dovish Mario Draghi dan penantian pertemuan Trump-Jinping. Juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here