Bursa Shanghai 6 April Ditutup Naik Terdukung Kinerja Mantap Saham Infrastruktur

634
indeks shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Kamis (06/04), indeks Shanghai berakhir naik 0,35 persen atau 11,29 poin menjadi ditutup pada 3,281.60. Bursa Saham Shanghai memperpanjang keuntungan pada hari Kamis untuk mencapai tertinggi 4 bulan karena investor terus mengejar saham yang bisa mendapatkan keuntungan dari peluncuran zona ekonomi baru di dekat Beijing.

Sebagian besar perhatian pasar difokuskan pada zona khusus baru Xiongan, digambarkan sebagai “proyek seribu tahun”, dengan puluhan saham terkait rencana melonjak 10 persen melewati batas perdagangan maksimum yang diperbolehkan untuk sesi kedua berturut-turut.

Banyak perusahaan pialang dalam negeri berharap untuk inisiatif menjadi tema investasi yang kuat dalam beberapa bulan mendatang, mengingat keunggulan rencana.

Secara khusus, saham infrastruktur secara luas melihat manfaat dari pengembangan zona khusus, yang akan dimodelkan pada Zona Ekonomi Khusus Shenzhen yang membantu dimulainya reformasi ekonomi Tiongkok pada tahun 1980.

Indeks pelacakan saham infrastruktur utama naik 2,3 persen ke level tertinggi 15-bulan, setelah meraih hari terbaik dalam empat bulan sesi sebelumnya.

Infrastruktur raksasa China State Construction Engineering melompat 6 persen, China Railway Group melonjak 5 persen, sementara China Railway Construction Corp berakhir 3,5 persen.

Investor juga menantikan pertemuan Presiden Donald Trump pertama dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping akhir pekan ini, dengan isu-isu perdagangan dan keamanan diperkirakan akan mencuat dalam pembicaraan.

Pasar sebagian besar terpengaruh oleh sebuah survei swasta yang menunjukkan aktivitas di sektor jasa Tiongkok tumbuh pada kecepatan yang terlemah dalam enam bulan pada bulan Maret, tertekan oleh pertumbuhan lebih lambat pesanan baru dan intensifnya tekanan biaya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak positif jika dengan penguatan saham-saham terkait pengembangan kawasan baru Xiongan. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 3191-3090, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 3371-3473.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center 
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here