Risalah FOMC : The Fed Akan Mulai Memangkas $ 4,5 Triliun Obligasi Tahun Ini

593

Para pejabat Federal Reserve mengatakan pemangkasan $ 4,5 triliun obligasi bank sentral pada neraca akan dimulai tahun ini.

Kesimpulan tersebut datang pada Rabu dari ringkasan dari pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal yang diadakan pada bulan Maret, di mana kelompok menyetujui kenaikan seperempat poin dalam target suku bunga acuan. Pejabat pada pertemuan tersebut mencatat bahwa Fed mungkin berada pada kecepatan yang lebih cepat dengan kenaikan suku bunga ke depan.

Pemangkasan neraca penting karena ukurannya yang menakjubkan dan dampaknya bisa mempengaruhi pasar, dimana anggota Fed termasuk Ketua Janet Yellen telah menunjukkan bahwa langkah itu sendiri akan mempengaruhi jumlah kenaikan suku bunga.

“Asalkan ekonomi terus naik sekitar seperti yang diharapkan, sebagian besar peserta mengantisipasi bahwa kenaikan bertahap dalam tingkat dana federal akan terus dan menilai bahwa perubahan kebijakan reinvestasi Komite kemungkinan akan sesuai akhir tahun ini,” demikian pernyataan risalah tersebut.

Tidak ada jadwal disebutkan dan tidak ada indikasi mengingat bahwa neraca sudah berjalan saat FOMC merilis pernyataan pasca-pertemuan.

Beberapa anggota berpendapat bahwa Fed harus menunggu sampai ekonomi mencapai target tertentu sebelum bergerak, target untuk pengangguran dan inflasi sebelum menaikkan suku.

The Fed mengumpulkan sebagian besar obligasi yang dimilikinya selama tiga putaran “pelonggaran kuantitatif,” sebuah program ikatan-beli bulanan yang bertujuan mendorong ekonomi setelah krisis keuangan.

Ada juga tampak beberapa perselisihan tentang bagaimana Fed harus menginvestasikan dana hasil penjualan – apakah harus menghentikan reinvestments sekaligus, atau secara bertahap.

Risalah mengatakan Fed akan melanjutkan “musyawarah pada kebijakan reinvestasi selama pertemuan mendatang dan akan merilis informasi tambahan setelah tersedia.”

Beberapa pejabat Fed telah mengatakan dalam pidato publik baru-baru ini bahwa pengurangan neraca mungkin akan terjadi tahun ini. Risalah membantu mengkonfirmasi sentimen itu.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here