Bursa Shanghai Mingguan Melonjak 2 Persen Terdorong Pengembangan Kawasan Baru Xiongan

855
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Jumat (07/04), indeks Shanghai berakhir naik 0,18 persen atau 6,02 poin menjadi ditutup pada 3287.02. Bursa Saham Shanghai ditutup menguat tertinggi 15 bulan, dengan risk appetite terangkat oleh keputusan Beijing untuk meluncurkan zona ekonomi baru di provinsi Hebei.

Untuk minggu ini, indeks Shanghai naik 2 persen terdorong kenaikan mantap saham-saham terkait pengembangan kawasan baru di provinsi Hebei.

Pasar tampak tidak terganggu setelah AS melancarkan serangan rudal terhadap pangkalan udara Suriah.

Sebagian besar perhatian difokuskan pada zona khusus baru Xiongan, digambarkan sebagai “proyek seribu tahun”, dengan puluhan saham terkait rencana melonjak melewati batas perdagangan 10 persen untuk sesi ketiga berturut-turut.

Di antara pemain terbaik adalah saham infrastruktur, yang melihat manfaat dari pengembangan zona khusus, yang akan dimodelkan seperti Zona Ekonomi Khusus Shenzhen yang membantu permulaan reformasi ekonomi Tiongkok pada tahun 1980.

Untuk minggu ini, indeks pelacakan saham infrastruktur utama naik 5,1 persen ke level tertinggi 15-bulan.

Banyak perusahaan pialang dalam negeri berharap inisiatif untuk menjadi tema investasi yang kuat dalam beberapa bulan mendatang, mengingat keunggulan rencana.

Fokus juga tertuju pada pertemuan pertama Presiden AS Donald Trump dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping, dengan isu-isu perdagangan dan keamanan yang akan banyak dibahas dalam pembicaraan.

Kekhawatiran atas pengetatan likuiditas tampaknya telah mereda, bahkan saat bank sentral melewati operasi pasar terbuka untuk sesi ke-10, mengutip “tingkat likuiditas yang relatif tinggi dalam sistem perbankan”.

Malam nanti akan dirilis data kunci Non Farm Payrolls Maret AS yang diindikasikan menurun. Jika hasil ini terealisir berpotensi menekan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak positif dengan penguatan saham-saham terkait pengembangan kawasan baru Xiongan. Juga jika data NFP AS melemah, semakin memberikan sentimen positif berkurangnya kenaikan suku bunga AS. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 3191-3090, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 3381-3481.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center 
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here