Bursa Eropa Akhir Pekan dan Mingguan Mixed; DAX Mingguan Negatif

473

Bursa saham Eropa ditutup mixed pada akhir pekan Jumat malam (07/04) setelah AS menembakkan rudal jelajah terhadap sebuah pangkalan udara di Suriah, meningkatkan kekhawatiran atas konflik meningkat di wilayah tersebut.

Indeks FTSE 100 berakhir 7.349,37, naik 46,17 poin atau 0,63%. Untuk minggu ini indeks naik 0,36 persen.

Indeks DAX berakhir 12.225,06, turun -5,83 poin atau -0,05%. Untuk minggu ini indeks turun -0,71 persen.

Indeks CAC berakhir 5.135,28, naik 13,84 poin atau 0,27%. Untuk minggu ini indeks naik 0,25 persen.

Indeks IBEX 35 beakhir 10.529,00, naik 10.10 poin atau 0,10%. Untuk minggu ini indeks naik 0,63 persen.

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 naik 0,13 persen pada Jumat, dengan sebagian besar sektor perdagangan di wilayah positif. Minyak & Gas naik sebagai reaksi terhadap serangan rudal AS di Suriah dan ditutup hari naik 0,6 persen. Brent ditutup hari naik 0,55 persen, diperdagangkan pada $ 55,18 per barel.

Saham sumber daya dasar awalnya memimpin jatuh pada perdagangan Jumat, menyusul keputusan dari Uni Eropa untuk menaikkan pajak impor untuk baja Tiongkok, tetapi juga berakhir naik 0,04 persen, menggores ke wilayah positif. Di ujung lain adalah penurunan sektor telekomunikasi dan asuransi, masing-masing turun 0,43 persen dan 0,31 persen.

Melihat Saham Eropa individu, Standard Life dan Aberdeen Asset Management di antara saham berkinerja terbaik setelah upgrade peringkat. Mediaset Espana, jaringan televisi terbesar Spanyol, melonjak 3,2 persen setelah upgrade dari JP Morgan selama awal perdagangan sebelum menetap naik 1,6 persen pada akhir hari.

BillerudKorsnas perusahaan kemasan Swedia turun 4,7 persen pada akhir Jumat setelah laporan laba. Pengecer online Ocado turun 5,3 persen menyusul penurunan peringkat oleh UBS. Juga, saham Vivendi ditutup sedikit lebih rendah setelah perusahaan hiburan hingga telekomunikasi ini mengatakan akan membayar $ 26,4 juta untuk mengakhiri 15 tahun gugatan atas merger besar AS.

Investor mengambil pendekatan defensif, memilih untuk safe haven, di tengah volatilitas geopolitik. Yen menguat terhadap dolar dan emas mencapai tertinggi lima bulan. Presiden AS Donald Trump mengatakan ia memerintahkan serangan terhadap sebuah lapangan udara dari mana serangan kimia mematikan berlangsung awal pekan ini. Pentagon mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa AS memberitahu pasukan Rusia terlebih dahulu dari pemogokan.

Rusia menyerukan pertemuan darurat Dewan Keamanan U.N.. Moskow juga menangguhkan perjanjian kerjasama udara Suriah dengan Washington, yang dimasukkan ke dalam tempat untuk menghindari konflik disengaja antara pesawat tempur kedua negara.

The Micex indeks saham berdenominasi dolar Rusia turun 2 persen dan rubel turun 1 persen.

Di Eropa, kandidat terdepan untuk pemilihan presiden Prancis, Emmanuel Macron, mengatakan bahwa harus ada intervensi militer internasional terhadap rezim Suriah jika terbukti bahwa itu menggunakan senjata kimia.

Indeks harga rumah terbaru U.K. Halifax menunjukkan peningkatan 3,8 persen pada angka tahunan dalam tiga bulan sampai Maret. Tapi indeks tetap tidak berubah secara bulanan. Ini adalah kenaikan harga terendah dalam hampir empat tahun, Reuters melaporkan.

Di Perancis, produksi industri turun pada kecepatan bulanan terburuk dalam enam bulan pada bulan Februari.

Produksi pada bulan ke bulan Perancis turun mengejutkan 1,6 persen, dengan angka bulan Januari juga direvisi turun ke -0,5 persen dari -0,2 persen. Beban produksi industri untuk hanya di bawah 20 persen dari ekonomi Perancis.

Gubernur Bank of England Mark Carney mengatakan hari Jumat bahwa bank sentral telah meminta semua perusahaan Kota untuk menyampaikan perencanaan kontingensi mereka atas Brexit. Di Swedia, salah satu dari wakil gubernur Riksbank mengatakan bank harus mulai merencanakan untuk bagaimana menghadapi akhir program pelonggaran kuantitatif.

Sementara itu, menteri keuangan zona euro sepakat dengan pemerintah Yunani pada paket reformasi baru senilai 2 persen dari PDB untuk dilaksanakan pada tahun 2019 dan 2020.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here