Bursa Eropa 11 April Bergerak Lebih Rendah Terpengaruh Ketegangan Geopolitik

529

Pasar Saham Eropa bergerak sebagian besar rendah pada Selasa (11/04) dengan peningkatan risiko geopolitik di Timur Tengah dan Semenanjung Korea menambahkan ketidakpastian pemilu Perancis mendatang.

Indeks FTSE bergerak pada 7.364,79, naik 15,85 poin atau 0,22%

Indeks DAX bergerak pada 12.170,19, turun -30,33 poin atau -0,25%

Indeks CAC bergerak pada 5.096,57, turun -10,88 poin atau -0,21%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 10.390,40, turun -47,30 poin atau -0,45%

Indeks Pan-Eropa Euro Stoxx 600 adalah 0,1 persen lebih rendah sesaat setelah pembukaan dengan sektor dan bursa utama dicampur.

Bank-bank Eropa berada di antara pemain terburuk pada awal perdagangan dengan Banco Popular memperpanjang kerugian dari sesi sebelumnya. Pemberi pinjaman Spanyol mencari kenaikan modal lain untuk membersihkan neraca yang mengandung miliaran euro di aset berbahaya, ketuanya mengatakan Senin. Saham Banco Popular ini turun 5,3 persen pada Selasa.

Analis di Bankhaus Lampe menurunkan pabrikan Jerman Dialog Semiconductor dari “tahan” untuk “menjual” sesaat sebelum pembukaan Selasa dan sebagai hasilnya, perusahaan Frankfurt terdaftar merosot lebih dari 29 persen pada penawaran awal.

Kelompok infrastruktur Balfour Beatty melonjak ke puncak patokan Eropa tak lama setelah pembukaan pada hari Selasa setelah Bank of America Merrill Lynch menaikkan rekomendasi sahamnya untuk “membeli”. Sahamnya naik hampir 6 persen di berita.

Selasa akan melihat data inflasi harga konsumen dan indeks harga produsen U.K. pada sekitar 9,30 a.m waktu London. Produksi industri zona Eropa dan sentimen ekonomi Jerman ZEW juga diharapkan akan dirilis pada Selasa pagi.

Menteri luar negeri G-7 yang siap untuk bertemu di Italia untuk hari kedua dan terakhir dari KTT host di Italia. Menteri luar negeri dari negara-negara industri utama masing-masing diharapkan untuk mencari cara untuk mengintensifkan tekanan politik di Rusia untuk memutuskan hubungan dengan Presiden Suriah Bashar Assad.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak lemah masih terpengaruh ketegangan geopolitik. Namun juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang
Image : Vibizmedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here