Inflasi Maret Inggris Tidak Berubah, Melebihi Target BOE

482

Harga konsumen Inggris tidak berubah pada bulan Maret, data menunjukkan Selasa (11/04), karena penurunan musiman dalam biaya tarif penerbangan memperlambat laju inflasi keseluruhan, tapi harga makanan dan pakaian terus meningkat tajam, menunjukkan warga Inggris masih menghadapi standar hidup ketat.

Inflasi tahunan di Inggris berdiri di 2,3% pada bulan Maret, tidak berubah dari bulan sebelumnya, kata Kantor Statistik Nasional, dan tingkat tercepat inflasi sejak September 2013. Februari adalah pertama kalinya inflasi harga konsumen melebihi target Bank of England 2% di lebih dari tiga tahun.

Tingkat Maret ini sejalan dengan harapan dari analis yang disurvei oleh The Wall Street Journal.

Inflasi Inggris mulai naik Maret setelah keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa tahun lalu, didorong oleh depresiasi tajam pound pasca-referendum.

Pertumbuhan cepat harga bisa menyebabkan masalah bagi perekonomian Inggris Raya, yang menghadapi prediksi suram dari Brexit yang langsung menghantam tahun lalu, tapi yang sangat bergantung pada permintaan domestik. Kenaikan inflasi baru-baru berarti bahwa harga konsumen tumbuh di sekitar kecepatan yang sama seperti upah pekerja Inggris, yang berarti mereka dapat mengekang pengeluaran dalam beberapa bulan mendatang.

Inflasi Maret sebagian besar didorong oleh kenaikan makanan, minuman dan pakaian biaya, dengan harga makanan dan minuman tumbuh pada tingkat tahunan tercepat dalam lebih dari tiga tahun, data ONS menunjukkan.

Ini diimbangi dengan biaya jatuh harga tiket pesawat, yang tahun ini jatuh sedikit di bulan, tapi naik tajam tahun lalu karena waktu Paskah.

BOE memperkirakan inflasi puncak pada sekitar 2,75% awal tahun depan, dan Gubernur Mark Carney telah mengisyaratkan bahwa dia siap untuk mentolerir lonjakan dari target bank jika membantu menjaga perekonomian secara stabil sementara Perdana Menteri Theresa May menegosiasikan penarikan Inggris dari Uni Eropa, yang dimulai pada 29 Maret dan diperkirakan akan berlangsung setidaknya dua tahun.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here