Kepercayaan Bisinis Maret Australia Naik Tertinggi Sejak Krisis Keuangan

416

Kepercayaan bisnis Australia menguat ke level tertinggi sejak krisis keuangan global, demikian hasil survei dari National Australia Bank yang dirilis Selasa (11/04).

Indeks kondisi bisnis naik 5 poin menjadi 14 pada bulan Maret, tertinggi sejak 2008. Kondisi lebih dari pulih dari penurunan bulan sebelumnya itu, membangun kembali serangkaian tren yang menguat, survei mengungkapkan.

Meskipun kekuatan yang jelas dalam kondisi, kepercayaan bisnis telah relatif loyo. Indeks jatuh 1 poin ke 6.

Alan Oster, kepala ekonom NAB, mengatakan “kenaikan dalam kondisi bisnis bulan ini datang sebagai sedikit kejutan, terutama perbaikan besar di Queensland dalam gangguan kemungkinan dari Topan Debbie pada akhir Maret.”

Ekonom mengatakan, hasil survei konsisten dengan perkiraan NAB untuk pertumbuhan ekonomi untuk meningkat di paruh kedua 2017, menyusul beberapa kemungkinan gangguan pada kuartal kedua dari Topan Debbie.

Namun, masih ada alasan untuk berhati-hati tentang prospek jangka panjang, terutama karena penggerak pertumbuhan lainnya, termasuk ekspor LNG, harga komoditas dan pembangunan perumahan, mulai memudar, Oster menambahkan.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here