Bursa Eropa 12 April Bergerak Mixed, Sektor Otomotif Terbaik

561

Pasar saham Eropa bergerak mixed pada hari Rabu (12/04) meskipun terdapat kekhawatiran investor atas ketegangan geopolitik yang telah memicu pembelian aset safe haven seperti emas.

Indeks FTSE bergerak pada 7.354,61, turun -10,89 poin atau -0,15%

Indeks DAX bergerak pada 12.140,22, naik 0,87 poin atau 0,01%

Indeks CAC bergerak pada 5.107,57, naik 5,71 poin atau 0,11%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 10.388,30, turun -28,00 poin atau -0,27%

Indeks Pan-Eropa Euro Stoxx 600 naik 0,19 persen dengan sebagian besar sektor di wilayah positif dan bursa-bursa utama dicampur. Stoxx 600 telah memukul tertinggi baru tidak terlihat sejak 2015 di awal sesi meskipun menahan keuntungan dalam perdagangan siang.

Otomotif adalah salah satu sektor berkinerja terbaik pada hari Rabu pada data pendapatan yang kuat. Daimler melakukan pra-rilis lebih baik dari perkiraan laba kuartal pertama yang menunjukkan laba sebelum bunga dan pajak (EBIT) melonjak 87 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Saham mobil Jerman ini melonjak lebih 0,7 persen di berita.

Perusahaan kimia Norwegia Yara International melonjak ke arah atas patokan Eropa setelah Goldman Sachs menaikkan rekomendasi sahamnya dari “netral” untuk “membeli” pada Rabu. Sahamnya pindah 3,6 persen lebih tinggi pada penawaran sore.

Pengecer terbesar Inggris, Tesco, mengalahkan perkiraan untuk keuntungan penuh tahun sebagai pemulihan muncul untuk mengumpulkan momentum. Namun, saham tergelincir ke bawah benchmark, turun 5,5 persen, dengan rincian denda peraturan yang menekan keuntungan.

Dialog Semiconductor memperpanjang kerugian berat dari sesi sebelumnya pada hari Rabu. Analis di bank swasta Jerman telah memperingatkan Apple bisa bergerak bisnis dari perusahaan. Sahamnya turun 3,2 persen lebih lanjut dalam penawaran sore.

Di tempat lain, Kanselir Jerman Angela Merkel siap untuk mengadakan pertemuan Kabinet nya pada hari Rabu untuk membahas Brexit, serta pedoman negosiasi dari Uni Eropa sebelum pertemuan puncak khusus pada 29 April.

Di Perancis, calon presiden Emmanuel Macron akan mengadakan pertemuan di kota barat daya Pau menjelang dua minggu menuju babak pertama dari proses pemilihan dua tahap. Macron akan menghadiri bersama tiga kali calon presiden Francois Bayrou, pendukung utama mantan menteri ekonomi.

Menteri Luar Negeri Rex Tillerson mengadakan perjalanan ke Moskow pada Rabu di mana ia akan bertemu dengan timpalannya dari Rusia Sergey Lavrov untuk membahas Ukraina, kontraterorisme, hubungan bilateral dan isu-isu lainnya, termasuk Semenanjung Korea dan Suriah.

Sementara itu, Dewan Keamanan PBB akan menjadi tuan rumah pertemuan mengenai konflik Suriah yang sedang berlangsung.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan minyak mentah dan bursa Wall Street.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here