Inflasi Harga Produsen Maret Tiongkok Melambat

335

Inflasi harga produsen Tiongkok melambat untuk pertama kalinya dalam tujuh bulan pada Maret dengan harga bijih besi dan harga batubara jatuh, tertekan oleh kekhawatiran bahwa produksi baja Tiongkok terancam kekenyangan logam akhir tahun ini.

Sebuah kebangkitan di industri baja Tiongkok telah menjadi penggerak utama ekonomi terbesar kedua di dunia dalam kuartal ini, membantu untuk menghasilkan pertumbuhan laba terkuat dalam tahunan di sektor manufaktur global.

Tapi setelah kelebihan logam dalam beberapa bulan terakhir, pabrik baja Tiongkok saat ini mulai memotong harga, mengancam untuk memadamkan pasar bullish yang telah mendorong harga beberapa produk konstruksi baja untuk tertinggi sejak 2014.

Indeks harga produsen Tiongkok (PPI) naik 7,6 persen pada Maret dari tahun sebelumnya, masih dengan kecepatan yang tinggi namun sejalan dengan ekspektasi analis dan penurunan dari keuntungan 7,8 persen pada Februari, yang merupakan 9 tahun tinggi, National Biro Statistik mengatakan pada hari Rabu (12/04).

Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan pembacaan lemah sebagai reli di pasar komoditas Tiongkok menunjukkan tanda-tanda mengoreksi dan pada ekspektasi bahwa langkah-langkah untuk mendinginkan pasar perumahan yang terlalu tinggi di negara itu akan permintaan akhirnya lambat untuk baja dan bahan bangunan lainnya.

Pada basis bulan ke bulan, PPI naik hanya 0,3 persen, kenaikan terkecil sejak September 2016 dan setengah laju terlihat di Februari.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center 
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here