Inflasi Maret Tiongkok Naik Tapi Masih Dibawah Harapan

384

Indeks harga konsumen bulan Maret Tiongkok (CPI) naik 0,9 persen dari tahun sebelumnya, naik tipis dari bulan Februari 0,8 persen tapi sedikit di bawah perkiraan analis, demikian National Bureau of Statistics mengatakan pada hari Rabu (12/04).

Sekalipun inflasi naik di atas kenaikan yang dilaporkan pada bulan Februari, namun angka datang di bawah keuntungan yang telah diharapkan. Analis yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan inflasi Maret harga konsumen akan naik tipis menjadi 1,0 persen.

china-inflation-cpi

Selama bulanan, CPI turun 0,3%, sesuai dengan harapan.

Menjelaskan kelemahan utama, NBS mengatakan bahwa harga pangan turun 4,4% dari tahun sebelumnya, sebagian besar mengimbangi kenaikan inflasi non-makanan dari 2,3% pada periode yang sama.

Harga daging babi, pokok dari makanan Tiongkok, mengalami penurunan sebesar 3,2%, turun dari penurunan 0,9% yang dilaporkan pada bulan Februari.

Meskipun di bawah kenaikan 2,5% yang dilaporkan dalam 12 bulan sampai Januari, harga non-pangan telah berada dalam tren lebih tinggi baru-baru ini, berada di atas laju 1,1% yang dilaporkan pada tahunan ke April 2016.

Ini menunjukkan bahwa tekanan inflasi yang mendasari terus meningkat, ditutupi oleh penurunan harga pangan selama tahun lalu.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center 
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here