Tiongkok Tolak Impor Batubara Korea Utara

423

Tiongkok telah mengirimkan armada kargo Korea Utara sarat dengan batubara kokas kembali ke pelabuhan mereka, menurut laporan Reuters. Sementara itu, Tiongkok telah menempatkan pesanan besar untuk komoditas pembuatan baja dari produsen AS.

Informasi tentang Thomson Reuters Eikon informasi keuangan dan analisis platform yang mengungkapkan bahwa 12 kargo yang kembali ke Korea Utara.

Reuters mengaitkan berita penolakan batubara Korea Utara untuk sumber perdagangan di Dandong Chengtai Trade Co, yang merupakan pembeli terbesar batubara Korea Utara.

Dandong Chengtai mengatakan itu 600.000 ton batu bara Korea Utara diam di berbagai pelabuhan dan bahwa ada 2 juta ton terdampar di pelabuhan Tiongkok untuk dikirim kembali ke Korea Utara, kata Reuters.

Langkah ini mencerminkan komitmen publik Tiongkok pada 26 Februari untuk bergabung bangsa-bangsa lain dalam menghukum Korea Utara untuk program pengembangan senjata nuklir dan rudal balistik yang terus dijalankan. Tiongkok mengatakan pada bulan Februari ia menangguhkan impor Korea Utara untuk sisa tahun ini.

Tiongkok adalah sumber terbesar Korea Utara dari perdagangan dan impor batubara.

Dengan menghentikan impor batubara Korea Utara, Tiongkok adalah meningkatkan jumlah batubara yang dibeli dari produsen AS, kata Reuters.

Pasokan batubara global telah diperketat baru-baru ini, sebagian sebagai akibat dari Tiongkok memaksa produsen dalam negeri untuk memotong produksi dan siklon membatasi pengiriman batubara Australia. Pengaruh pasokan batubara diperketat telah mendorong harga batu bara coking premium untuk tiga kali tingkat yang terjadin hanya satu tahun yang lalu.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here