Ekspor Maret Tiongkok Naik, Surplus Perdagangan Melebar

584

Ekspor Tiongkok naik 16,4 persen pada Maret, mengalahkan perkiraan analis Reuters sebesar 3,2 persen untuk membalikkan penurunan 1,3 persen pada Februari, demikian data dari kepabeanan Tiongkok, Kamis (13/04).

Impor Tiongkok naik 20,3 persen, turun dari lonjakan 38,1 persen bulan lalu, tapi masih di atas kenaikan 18,0 persen perkiraan analis. Impor terus meningkat, didorong oleh permintaan yang kuat untuk komoditas dari bijih besi hingga minyak mentah dan batu bara.

Kenaikan eskpor membuat surplus perdagangan Tiongkok dalam dolar AS adalah $ 23,93 miliar pada Maret, lebih dari dua kali lipat sebesar $ 10 miliar yang analis telah perkirakan. Negara ekonomi kedua terbesar di dunia ini membukukan defisit perdagangan $ 9,15 miliar yang jarang sekali pada bulan Februari.

Ekspor pada kuartal pertama tahun ini naik 8,2 persen dari periode yang sama tahun lalu, sementara impor naik 24,0 persen. Surplus perdagangan kuartal pertama Tiongkok adalah $ 65,61 miliar.

Data ekonomi Tiongkok pada bulan Januari dan Februari bisa sangat dipengaruhi oleh waktu liburan panjang Tahun Baru Imlek, ketika kantor dan pabrik tutup selama seminggu atau lebih.

Sedangkan surplus perdagangan Tiongkok dengan Amerika Serikat naik menjadi $ 17,74 miliar pada Maret dari $ 10,42 miliar pada bulan Februari. Data juga menunjukkan surplus perdagangan Tiongkok dengan Amerika Serikat pada kuartal pertama $ 49,6 miliar dibandingkan dengan $ 50,57 miliar Surplus tahun lalu.

Presiden Donald Trump telah difokuskan pada surplus besar Tiongkok terhadap Amerika Serikat, yang adalah $ 347 miliar tahun lalu, dan menekan Presiden China Xi Jinping pada pertemuan pekan lalu untuk membantu mengurangi kesenjangan.

AS dan Tiongkok sepakat pada pertemuan dengan rencana 100-hari untuk pembicaraan perdagangan bertujuan untuk meningkatkan ekspor AS dan mengurangi surplus perdagangan Tiongkok dengan Amerika Serikat.

Pejabat pemerintah Trump mengatakan mereka berencana penegakan ketat dari peraturan perdagangan obat AS dan akan memulai penawaran perdagangan unilateral.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here