Bursa Eropa Merah Sebelum Good Friday, Mingguan CAC dan DAX Merosot 1 Persen

435

Pasar Eropa ditutup lebih rendah pada penutupan perdagangan sebelum libur panjang Kamis (13/04) karena investor mencerna komentar Presiden AS Donald Trump bahwa ia akan lebih memilih Federal Reserve untuk mempertahankan suku bunga rendah dan menyatakan dolar terlalu kuat.

Indeks FTSE berakhir pada 7.327,59, turun -21,40 poin atau -0,29%

Indeks DAX berakhir pada 12.109,00, turun -45,70 poin atau -0,38%

Indeks CAC berakhir pada 5.071,10, turun -30,01 poin atau -0,59%

Indeks IBEX 35 berakhir pada 10.326,10, turun -34,40 poin atau -0,33%

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 turun 0,35 persen, dengan mayoritas sektor dan semua bursa utama di wilayah negatif. Langkah itu diambil pada hari terakhir minggu perdagangan karena pasar ekuitas menutup untuk libur Jumat Agung. Bursa-bursa utama akan tetap tutup pada hari Senin untuk perayaan Paskah.

Untuk minggu ini, FTSE 100 dan Stoxx 600 yang datar sementara CAC 40 dan DAX bergerak lebih rendah sekitar satu persen.

Sektor Bank memimpin kerugian karena beberapa peminjam pindah ke bagian bawah patokan karena mereka fokus pada hasil keuangan dari kelas berat AS. Saham Komercni Banka turun 2,44 persen setelah bank Republik mengumumkan akan melakukan ex-dividend. Sementara itu, Rumania Raiff Bank turun 5,49 persen.

Banco Popular juga turun pada hari Kamis karena investor terus mencerna berita bahwa pemberi pinjaman Spanyol berupaya untuk meningkatkan modal. Sahamnya 3,6 persen lebih rendah.

Saham konstruksi & bahan juga ditutup lebih rendah, turun 0,56 persen, dengan perusahaan konstruksi CRH Plc dan perusahaan transportasi Alstom di antara para pemain terburuk.

Saham Travel and leisure merosot, dengan saham dalam kelompok maskapai terbesar di Eropa dengan pendapatan, Lufthansa, tergelincir pada laporan investor utama sedang berupaya menjual saham. Infinite Miles, pemegang saham di maskapai Jerman, dikatakan telah menempatkan saham 2,5 persen di 15.25 euro ($ 16,26) masing-masing untuk dijual, menurut laporan Reuters mengutip sumber yang tidak dapat diverifikasi oleh CNBC. saham Lufthansa lebih dari 3 persen lebih rendah Kamis.

Sementara itu, saham Svenska Selulosa Aktiebolaget (SCA) melonjak mencapai rekor tinggi pada hari Kamis. Sebuah surat kabar Swedia, mengutip sumber tanpa nama, menyarankan kelompok perusahaan ekuitas swasta yang ditetapkan untuk menawar sekitar 200 miliar crown Swedia ($ 22,3 miliar) untuk lengan kebersihan perusahaan. Sahamnya lebih dari 7,7 persen lebih tinggi.

Dalam hal data ekonomi, Kamar Dagang Inggris merilis survei ekonomi kuartalan Kamis. Laporan ini menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang solid kemungkinan dalam tiga bulan pertama tahun ini meskipun mempertimbangkan kenaikan inflasi di Inggris Raya sebagai risiko utama.

Badan Energi Internasional (IEA) menerbitkan laporan pasar minyak bulanan pada hari Kamis dan proyeksi pasar minyak sekarang ‘sangat dekat’ dengan mencapai keseimbangan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan minyak mentah dan bursa Wall Street.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here