Bursa Shanghai 18 April Berakhir Jatuh Tertekan Kebijakan Regulator Tiongkok

480
bursa shanghai

Indeks Shanghai di bursa Tiongkok Selasa (18/04) berakhir jatuh -0,79 persen atau -25,57 poin menjadi ditutup pada 3,196.60. Bursa Shanghai berakhir turun untuk sesi ketiga berturut-turut di tengah kekhawatiran atas meningkatnya pengetatan regulasi dan keberlanjutan pertumbuhan ekonomi negara.

Pasar Saham mengharapkan manfaat dari pengembangan zona ekonomi baru Xiongan yang baru saja diumumkan di dekat Beijing terus menarik perhatian yang paling besar di pasar.

Saham tersebut telah mendominasi daftar saham yang paling diperdagangkan di bursa sejak awal April, tetapi beberapa telah merosot karena profit taking di sesi terakhir setelah regulator memperingatkan terhadap spekulasi yang berlebihan di saham terkait Xiongan.

Saham pengembang China Fortune Land, pembuat semen Tangshan Jidong Cement dan pembuat baja Hesteel telah mundur sekitar 20 persen dari tertinggi baru-baru ini.

Hampir 40 saham, kebanyakan dari saham kapital kecil, merosot melewati maksimum yang diizinkan untuk batas harian 10 persen pada Selasa.

Regulator Tiongkok telah membuat sebuah kebingungan pengumuman dalam beberapa pekan terakhir untuk menahan risiko dalam sistem keuangan.

Kuatnya perkiraan PDB kuartal pertama dan data ekonomi Maret Senin gagal untuk mengesankan investor, yang kuatir momentum akan mulai memudar dalam beberapa bulan mendatang.

Sektor yang lebih rentan terhadap kemerosotan siklis, seperti transportasi, bahan dan keuangan tetap lamban pada hari Selasa, meskipun sektor defensif, seperti konsumen dan kesehatan yang kuat, mendapatkan lebih 1 persen.

Pengembang properti mengikuti pasar yang lebih rendah, bahkan saat data yang menunjukkan kenaikan harga rumah di Maret yang bisa mendorong langkah-langkah pendinginan lebih lanjut.

Malam nanti akan dirilis data perumahan AS yang diindikasikan mixed dan data produksi industri yang diindikasikan meningkat. Jika terealisir positif akan menguatkan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Shanghai akan bergerak lemah dengan kekuatiran tindakan keras Regulator Tiongkok. Namun jika malam nanti bursa Wall Street menguat, dapat membantu mengangkat indeks. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 3095-2998, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 3296-3398.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here