Harga Minyak Mentah Turun Tipis di Sesi Asia

407

Harga minyak mentah bergerak turun tipis di perdagangan tipis pada Selasa (18/04) di sesi Asia, setelah liburan Paskah menutup banyak pasar selama empat hari dan sebagai laporan pemerintah AS menunjukkan kenaikan produksi.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) turun 4 sen atau 0,08 persen, menjadi $ 52,61 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun 3 sen atau 0,05 persen, menjadi $ 55,33.

Patokan untuk minyak AS juga telah meningkat selama tiga minggu berturut-turut sampai Kamis, sebelum istirahat Paskah.

Produksi shale AS Mei kemungkinan akan membukukan kenaikan bulanan terbesar dalam lebih dari dua tahun, data pemerintah menunjukkan pada hari Senin, sebagai produsen meningkatkan kecepatan pengeboran dengan harga minyak bertahan di atas $ 50 per barel.

Produksi Mei diperkirakan akan meningkat dengan 123.000 barel per hari menjadi 5,19 millionbpd, menurut laporan produktivitas pengeboran AS Energy Information Administration.

Jika itu benar, Mei akan memiliki peningkatan bulanan terbesar sejak Februari 2015 dan tertinggi tingkat produksi bulanan sejak November 2015.

Setiap peningkatan produksi di Amerika Serikat, sebagai produsen minyak dunia terbesar ketiga, kemungkinan akan memberikan tekanan pada Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) – yang setuju untuk mengekang produksi pada akhir tahun lalu – untuk memotong produksi lebih lanjut.

OPEC dijadwalkan akan bertemu pada 25 Mei untuk menimbang perpanjangan penurunan produksi setelah Juni untuk meringankan kekenyangan yang telah menekan harga selama hampir tiga tahun. Namun, Menteri Energi Arab Saudi telah mengatakan terlalu dini untuk membicarakan perpanjangan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi turun dengan kekuatiran peningkatan produksi AS. Demikian juga jika penguatan dollar AS berlanjut dapat menekan harga. Harga minyak mentah berpotensi bergerak dalam kisaran Support $ 52.10-$ 51.60, dan jika harga naik akan menembus kisaran Resistance $ 53.10-$ 53.60.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here