Risalah Pertemuan RBA : Ekonomi Mantap, Risiko Pasar Perumahan Dicermati

481

Ekonomi Australia membuat kemajuan yang mantap pada kuartal pertama, meskipun risiko yang terkait dengan pasar perumahan tampaknya tumbuh, demikian anggota Reserve Bank of Australia (RBA) mengatakan dalam pertemuan tingkat April.

Meskipun ekonomi sedang membuat kemajuan yang mantap dan inflasi secara perlahan kembali ke target, indikator pengeluaran rumah tangga telah lemah dari yang diharapkan, demikian risalah pertemuan 4 April yang dirilis Selasa (18/04).

Sementara itu, “pertumbuhan kredit rumah tangga terus melebihi pertumbuhan pendapatan rumah tangga, menunjukkan bahwa risiko yang terkait dengan pasar perumahan dan keseimbangan rumah tangga telah meningkat.”

Pejabat Reserve Bank mempertahankan suku bunga di 1,5% awal bulan ini. Itu adalah tingkat pertemuan ketujuh berturut-turut yang tetap di rekor terendah.

Dewan kebijakan bank sentral akan mengadakan pertemuan berikutnya pada Mei 2. Tidak ada perubahan dalam kebijakan moneter diharapkan. Kebanyakan analis percaya Australia tidak akan melihat perubahan suku bunga lagi sampai akhir tahun ini atau bahkan 2018.

Ekonomi Australia rebound lebih cepat dari yang diharapkan pada kuartal keempat, sementara indikator baru pada kerja menunjukkan kemajuan stabil setelah volatilitas tahun lalu. Namun, sebagai risalah pertemuan menunjukkan, peningkatan nilai rumah terus menjadi perhatian bagi regulator.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here