Bursa Eropa 20 April Bergerak Lebih Tinggi, Laporan Laba Emiten Dicermati

452

Pasar Eropa bergerak lebih tinggi pada hari Kamis (20/04) dengan investor terus mempertimbangkan ketidakpastian politik saat ini dan mencerna laporan pendapatan perusahaan.

Indeks FTSE bergerak pada 7105.22, turun -9.14 poin atau -0.13%

Indeks DAX bergerak pada 12044.43, naik 27,98 poin atau 0,23%

Indeks CAC bergerak pada 5054.34, naik 50,61 poin atau 1,01%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 10454.10, naik 83.80 poin atau 0,81%

Indeks Pan-European Stoxx 600 adalah 0,18 persen lebih tinggi dengan sebagian besar sektor perdagangan di wilayah positif. Saham minyak dan gas merupakan pemain terburuk dalam transaksi awal dengan data pasokan minyak mentah A.S. yang menyebabkan jatuhnya harga minyak. Angka baru menunjukkan penurunan sebesar 1 juta barel pekan lalu, menurut Administrasi Informasi Energi, namun pasokan masih tetap mendekati rekor tertinggi.

Sektor Sumber daya dasar naik 0,5 persen pada awal perdagangan. Rio Tinto melaporkan Rabu malam bahwa pihaknya tidak mengubah panduan pengiriman bijih besi setahun penuh meskipun harganya lebih rendah. Sektor rumah tangga juga lebih tinggi pada hari Kamis pada laporan pendapatan.

Unilever melaporkan angka baru dan naik ke puncak patokan Inggris setelah mengumumkan penjualan kuartal pertama di atas ekspektasi. Sahamnya 1,1 persen lebih tinggi. Pembuat perhiasan asal Denmark Pandora menghapus beberapa kerugian yang terlihat awal pekan ini setelah mengatakan bahwa pihaknya memperbarui strukturnya dan mendukung panduan 2017. Ini melonjak lebih dari 4 persen pada awal perdagangan.

Hedge fund Inggris Man Group memimpin di bursa-bursa Eropa, naik 4,5 persen, setelah mengumumkan bahwa dana kelolaan meningkat 10 persen pada kuartal pertama.

Ketegangan geopolitik antara A.S. dan Korea Utara berlanjut setelah Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson mengatakan pada hari Rabu bahwa AS sedang mencari cara baru untuk menekan negara tersebut. Di Eropa, jajak pendapat menunjukkan bahwa persaingan untuk memilih presiden Prancis berikutnya sulit diprediksi menjelang pemilihan putaran pertama hari Minggu.

Di tempat lain, perusahaan penyiaran Sky melaporkan penurunan 11 persen pada laba operasi yang disesuaikan dalam sembilan bulan pertama tahun fiskal, karena biaya tambahan dengan Liga Primer Inggris dan pasar periklanan yang lebih lemah. Sahamnya sedikit lebih rendah.

ABB melonjak sekitar 1,5 persen karena berita bahwa laba bersih kuartal pertama berada di atas ekspektasi pasar. Nestle juga mengatakan pada hari Kamis bahwa penjualan organik kuartal pertama berada di atas konsensus. Sahamnya naik 1 persen pada awal perdagangan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati laporan laba perusahaan, pergerakan minyak mentah dan bursa Wall Street.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here