Bursa Shanghai 20 April Berakhir Datar, Investor Buru Saham Konsumen dan Perawatan Kesehatan

341
shanghai index

Indeks Shanghai di bursa Tiongkok Kamis (20/04) berakhir naik tipis 0,06 persen atau 1,9 poin lebih tinggi ditutup pada 3.172,59. Bursa Shanghai berakhir datar dengan investor terus mencari perlindungan defensif seperti sektor konsumen dan perawatan kesehatan, sementara melarikan diri dari saham kapital kecil dan saham terkait dengan zona ekonomi baru Xiongan.

Saham Tiongkok juga tertekan oleh kekhawatiran bahwa pertumbuhan laba ekonomi dan perusahaan akan segera mulai memudar setelah awal yang kuat untuk tahun ini. Namun investor menarik beberapa penghiburan dari janji Beijing Rabu malam untuk meningkatkan dukungan kebijakan jika ada lonjakan tingkat pengangguran.

Menggarisbawahi berkurangnya selera risiko, investor bergegas masuk ke sektor-sektor yang menjanjikan tingkat pengembalian yang stabil dan pembayaran dividen yang besar, mendorong indeks konsumen dan kesehatan naik lebih dari 2 persen, sementara indeks pelcakan pembuat peluru melonjak 3,3 persen.

Namun, saham yang diperkirakan mendapat keuntungan dari zona Xiongan yang baru diluncurkan di dekat Beijing melemah, dengan pembuat bahan bangunan BBMG dan Baoding Tianwei Baobian Electric jatuh melewati batas 10 persen harian mereka.

Xiongan telah banyak dilihat sebagai tema investasi properti dan infrastruktur, namun kenaikan harga saham yang melonjak untuk perusahaan yang bisa mendapatkan keuntungan dari rencana tersebut telah memicu peringatan dari regulator tentang spekulasi yang berlebihan.

Saham kapital kecil pada umumnya lemah karena alasan yang sama, dengan beberapa jatuh lebih dari 30 persen dalam empat sesi terakhir.

Di tempat lain, indeks yang melacak kreditor utama negara tersebut meluncur ke level terendah tujuh bulan di tengah kekhawatiran akan peraturan yang meningkat, dan setelah Moody’s mengatakan hasil bank Tiongkok untuk 2016 menunjukkan tekanan terus pada profitabilitas.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Shanghai akan bergerak lemah dengan kekuatiran tindakan ketat Regulator Tiongkok. Juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street yang jika melemah, dapat menekan indeks. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 3066-2964, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 3265-3367.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here