Indeks Shanghai 20 April Bergerak Naik Terbantu Peningkatan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi IMF

303
indeks shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Kamis (20/04), Indeks Shanghai bergerak naik, saat ini terpantau naik 6,19 poin atau 0,20 persen menjadi 3176.87. Penguatan bursa Shanghai terdukung proyeksi IMF untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi, sekalipun IMF tetap memperingatkan akan bahaya tingkat utang yang tinggi.

Dana Moneter Internasional (IMF) menaikkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Tiongkok pada 2017 menjadi 6,6%, dengan menyebutkan momentum yang menopang dari akhir tahun lalu, yaitu investasi yang didukung pemerintah dan ekspansi kredit yang cepat.

Namun IMF memperingatkan bahwa ketergantungan negara terhadap hutang – yang didanai melalui sistem keuangan yang semakin suram dan kompleks, memicu peningkatan koreksi yang mengganggu dalam pertumbuhan dalam jangka panjang.

Prediksi terakhir IMF mengenai ekspansi ekonomi negara ekonomi terbesar kedua di dunia ini, yang dirilis pada hari Selasa dalam laporan Outlook Economic Review triwulanannya, naik dari perkiraan Januari sebesar 6,5% dan perkiraan Oktober 6,2%.

Lihat : IMF Tingkatkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok, Peringatkan Tingginya Tingkat Utang

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Shanghai berpotensi menguat terbatas dengan peningkatan proyeksi pertumbuhan ekonomi IMF, namun kekuatiran tingginya tingkat utang masih menjadi sentimen negatif pergerakan bursa. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 3066-2964, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 3265-3367.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here