Bursa Wall Street Akhir Pekan Merosot; Mingguan Positif, Nasdaq Naik Hampir 2 Persen

466

Bursa Saham A.S. ditutup melemah pada akhir perdagangan akhir pekan Sabtu dinihari (22/03) dengan kehati-hatian investor mencerna pemilihan presiden di Prancis dan pelemahan minyak mentah.

Indeks Dow Jones turun sekitar 30 poin dengan saham IBM berkontribusi paling banyak dalam kerugian.

Indeks Dow jones secara singkat menjadi positif dalam perdagangan sore setelah Presiden Donald Trump mengatakan kepada The Associated Press bahwa pemerintahannya akan mengungkap sebuah “pemotongan pajak yang besar” dalam sebuah reformasi baru, walaupun waktu dari paket tersebut tidak jelas.

Indeks S & P 500 turun 0,3 persen, dengan telekomunikasi turun lebih dari 1 persen untuk memimpin penurunan.

Sektor Energi juga termasuk di antara penurunan, jatuh 0,4 persen karena minyak mentah A.S. turun 2,15 persen untuk menetap di $ 49,62 per barel.

Indeks Nasdaq ditutup 0,1 persen lebih rendah.

Tiga indeks utama berada di jalur untuk mencatat kenaikan mingguan, dengan indeks S & P naik sekitar 1 persen dan Nasdaq naik hampir 2 persen dalam seminggu. Saham mendapat dorongan dari sebagian besar laporan pendapatan emiten yang kuat.

Meskipun demikian, indeks utama lebih rendah untuk bulan ini, dengan indeks S & P dan Dow berada di bawah rata-rata pergerakan 50 hari masing-masing.

Ketidakpastian seputar pemilihan telah meningkat selama sebulan terakhir setelah kandidat sayap kiri Jean-Luc Melenchon yang mengejutkan dalam pemilihan tersebut. Kekhawatiran atas kemenangan dari kandidat sayap kanan Marine Le Pen bangkit setelah insiden penembakan di Paris.

Le Pen telah berulang kali mengatakan bahwa, jika dia menang, dia akan menarik Prancis keluar dari Uni Eropa.

Tapi kandidat sentral dan pro-Eropa Emmanuel Macron masih menjadi favorit untuk memenangkan kontes tersebut, menurut perusahaan pemungutan suara Prancis Ifop. Pemilihan presiden Prancis diadakan di atas dua putaran; Yang pertama akan diadakan hari Minggu 23 April dan yang kedua pada tanggal 7 Mei.

Imbal hasil pada obligasi 10-tahun Prancis bangkit kembali dari level terendah tiga bulan untuk diperdagangkan sekitar 0,93 persen.

Dalam berita perusahaan, emiten Dow Visa melaporkan hasil kuartalan yang lebih baik dari perkiraan dan mengumumkan pembelian kembali saham kelas A senilai $ 5 miliar. General Electric, emiten Dow lainnya, juga mengalahkan perkiraan Wall Street untuk laba dan pendapatan.

Musim penghasilan telah turun ke awal yang kuat. Pada hari Jumat pagi, 77 persen dari 95 perusahaan S & P 500 yang telah melaporkan perkiraan laba per saham yang di atas perkiraan, sementara 67 persen mengalahkan penjualan, menurut data dari The Earnings Scout.

Dalam berita ekonomi, penjualan rumah yang ada naik ke level yang tidak terlihat sejak 2007 bulan lalu.

Indeks Dow Jones turun 30,95 poin atau 0,15 persen menjadi ditutup pada 20,547.76, dengan penurunan tertinggi saham Verizon dan saham Microsoft sebagai top advancer.

Indeks S & P 500 turun 7,15 poin atau 0,3 persen, berakhir pada 2.348,69, dengan telekomunikasi memimpin sembilan sektor lebih rendah; sedangkan utilitas dan industri menjadi sektor yang positif.

Indeks Nasdaq turun 6,26 poin atau 0,11 persen, ditutup pada 5.910,52.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street untuk perdagangan selanjutnya akan bergerak positif jika sentimen reformasi pajak pemerintahan Trump terus menguat. Juga akan mencermati pergerakan minyak mentah, laporan laba emiten, dan perkembangan geopolitik.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here