Pilpres Perancis Putaran Pertama Selesai, EURUSD Melompat ke Puncak 5 Bulan

544

Pemilihan Presiden di Perancis tahap pertama telah berlangsung pada hari Minggu (23/4) dengan komposisi suara terbanyak sementara dipimpin oleh calon independen yang pro Uni Eropa bernama Emmanuel Macron. Merespon posisi tersebut pasar keuangan global awal pekan hari Senin (24/4) dibuka dengan pergerakan kurs euro yang melompat tinggi ke posisi tertinggi dalam 5 bulan.

Sedangkan saingan kuat Emmanuel Macron yaitu calon Presiden sayap kanan yang anti Uni Eropa Marine Le Pen berada di posisi kedua dengan selisih suara yang tipis. Namun pasar yakin calon yang pro Uni Eropa yaitu Macron akan menang banyak pada pilpres putaran kedua yang akan dilakukan pada tanggal 7 Mei 2017. Optimis pasar inilah yang membuat pair EURUSD dibuka di posisi yang sangat tinggi dari penutupan akhir pekan lalu.

Pergerakan kurs euro pada sesi Asia (05:45:00 WIB)  melemah terhadap dollar AS,  setelah  dibuka di posisi tinggi dari  perdagangan sebelumnya pada 1.0918   awal   perdagangan sesi Asia. Kini pair EURUSD berada di posisi 1.0877  setelah sempat mencapai posisi  tertertinggi di 1.0918  dan posisi terendah di 1.0869.

Secara teknikal pergerakan pair EURUSD sudah melampui resisten lemahnya dan kini sedang turun menuju posisi resisten lemahnya di kisaran 1.0807, dan jika tembus kisaran tersebut pada sesi Eropa  akan naik kembali menuju posisi awal sesi. Namun jika tembus resisten lemahnya akan turun kembali menuju posisi tertinggi perdagangan akhir pekan lalu di 1.0737.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here