Bursa Eropa 25 April Bergerak Naik, Saham Christian Dior Melonjak 12 Persen

561

Bursa Saham Eropa bergerak lebih tinggi pada hari Selasa (25/04) setelah mencapai level tertinggi multi tahun didukung hasil pemilihan presiden Prancis.

Indeks FTSE bergerak pada 7284.65, naik 19,97 poin atau 0,27%

Indeks DAX bergerak pada 12474.96, naik 19,98 poin atau 0,16%

Indeks CAC bergerak pada 5291.43, naik 22,58 poin atau 0,43%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 10825.70, naik 58,90 poin atau 0,55%

Indeks Pan-European Stoxx 600 adalah 0,34 persen lebih tinggi dengan sebagian besar sektor perdagangan di wilayah positif.

Saham perawatan kesehatan adalah sektor dengan kinerja terbaik dalam perdagangan tengah hari setelah kelompok bahan kimia dan ilmu pengetahuan Swiss Lonza menaikkan perkiraan pertumbuhan penjualan menjadi satu digit tinggi dari angka tengah tunggal, Reuters melaporkan. Sahamnya naik hampir 4 persen pada berita tersebut. Di tempat lain, Novartis mengumumkan pendapatan inti kuartal pertama turun 4 persen menjadi $ 2,69 miliar, mengalahkan ekspektasi. Sahamnya naik 1,9 persen pada Senin pagi.

Barang-barang rumah tangga juga lebih tinggi pada perdagangan tengah hari setelah perusahaan barang mewah Louis Vuitton mengatakan akan menguasai sepenuhnya Christian Dior dengan membeli saham di perusahaan fashion yang belum dimiliki. LVMH naik 4 persen pada perdagangan tengah hari dan Christian Dior melonjak hampir 12 persen.

Saham perbankan mengalami kelegaan pada perdagangan tengah hari namun masih memperpanjang kenaikan yang dilakukan pada sesi sebelumnya karena harapan bahwa kandidat sentris Emmanuel Macron akan menjadi presiden Prancis berikutnya. Analis percaya skenario ini harus mendorong ekonomi euro terbesar kedua dan menjaga zona euro tetap utuh. Selanjutnya, Credit Agricole telah mengumumkan minatnya untuk membeli tiga bank tabungan di Italia. Bank Prancis mengatakan bahwa proyek tersebut “masih dalam tahap awal.”

Melihat saham individual, kelompok teknik asal Finlandia Metso melonjak 5,6 persen setelah melaporkan keuntungan yang lebih tinggi dari perkiraan pada kuartal pertama. Saham Volvo Group naik 9 persen setelah pembuat truk Swedia tersebut mengumumkan penyesuaian keuntungan sebesar $ 794 juta – jauh di atas perkiraan.

Hari perdagangan tidak begitu positif bagi Whitbread Inggris, yang turun hampir 8 persen pada perdagangan tengah hari. Perusahaan tersebut melaporkan pendapatan dan keuntungan yang lebih tinggi untuk tahun penuh namun menyatakan bahwa mereka memperkirakan kepercayaan konsumen akan turun.

Perusahaan pertambangan Boliden turun 6,4 persen setelah keuntungan melampaui ekspektasi karena perlambatan pada produksi pertambangan, Reuters melaporkan.

Di dunia usaha, investor juga mendengar dari Virgin Money dan Swedbank. Yang pertama mengatakan bahwa pinjaman hipotek bruto turun tipis menjadi £ 2 miliar ($ 2,56) dari 2,1 miliar dolar AS setahun yang lalu, membuat sahamnya 1,2 persen lebih rendah. Kelompok perbankan Swedia mengumumkan kenaikan laba operasional kuartal pertama sebesar 20 persen. Sahamnya sedikit meningkat.

Kemenangan kandidat tengah Emmanuel Macron di putaran pertama pemilihan Prancis mengirim saham Prancis ke level tertinggi sembilan tahun pada hari Senin, yang juga menggerakkan saham Eropa lainnya yang lebih tinggi. Euro sedikit mereda pada hari Selasa pagi, diperdagangkan di $ 1,0891.

Malam nanti akan dirilis data New Home Sales Maret dan CB Consumer Confidence April AS yang diindikasikan melemah. Jika terealisir akan menekan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak naik dengan sentimen positif pemilihan Presiden Perancis. Namun jika bursa Wall Street melemah akan menekan bursa Eropa. Juga akan mencermati laporan laba perusahaan dan pergerakan minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here