Produksi Industri Maret Singapura Naik Melebihi Perkiraan

571

Produksi industri Singapura naik lebih baik dari yang diharapkan dari 10,2 persen di bulan Maret dari tahun sebelumnya, terutama didorong lagi oleh produksi elektronik, khususnya semikonduktor.

Pertumbuhan pabrik di bulan Maret datang pada kecepatan yang sama seperti bulan Februari, setelah angka bulan tersebut direvisi turun dari perkiraan sebelumnya sebesar 12,6 persen. Kinerja Maret juga melampaui kenaikan 5,8 persen yang diperkirakan oleh analis yang disurvei oleh Bloomberg.

singapore-industrial-production

Hal ini membuat bulan kedelapan berturut-turut produksi manufaktur telah meningkat dari tahun ke tahun.

Pada bulan ke bulan, secara musiman disesuaikan, produksi pabrik naik 5 persen, menurut angka sementara yang dirilis pada hari Rabu (26/04) oleh Dewan Pengembangan Ekonomi. Ini lebih baik dari kenaikan 0,9 persen yang diperkirakan oleh analis.

singapore-industrial-production-mom

Sektor manufaktur Singapura, terutama produk berteknologi tinggi, telah diuntungkan dari pemulihan perdagangan global dalam beberapa bulan terakhir. Pada bulan Maret, pemulihan ekspor melebar ke sektor non-elektronik, karena penjualan petrokimia dan farmasi, menyebabkan angka pertumbuhan ekspor yang mengalahkan ekspektasi.

Tidak termasuk manufaktur biomedis, produksi pabrik tumbuh 12,4 persen tahun ke tahun di bulan Maret dan 0,3 persen secara bulanan.

Produksi elektronik – yang menyumbang lebih dari seperlima dari total manufaktur – meningkat 37,7 persen di bulan Maret dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu, dengan sebagian besar kredit beralih ke segmen semikonduktor yang membukukan pertumbuhan sebesar 54,6 persen.

Modul dan komponen elektronik lainnya dan segmen penyimpanan data masing-masing tumbuh 15,8 persen dan 10,5 persen. Secara kumulatif, produksi elektronik telah tumbuh 33,1 persen di kuartal pertama, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Manufaktur biomedis menghasilkan produksi 2 persen dari tahun ke tahun di bulan Maret. Segmen teknologi medis berkembang 16,7 persen karena tingginya permintaan ekspor untuk alat kesehatan. Namun, segmen obat-obatan menurun 2,5 persen dengan produksi aktif yang lebih rendah. Untuk kuartal tersebut, produksi cluster ini turun 7,5 persen dari tahun lalu.

Produksi cluster bahan kimia naik 3,5 persen pada bulan Maret. Segmen petroleum dan petrokimia masing-masing tumbuh 6,7 persen dan 6,4 persen, karena beberapa pabrik tutup untuk pemeliharaan tahun lalu. Segmen spesialisasi tumbuh 5,8 persen namun segmen bahan kimia berkontraksi 4,1 persen dengan produksi pengharum lebih rendah. Dalam tiga bulan pertama tahun ini, produksi cluster naik 2,9 persen.

Produksi cluster teknik transportasi tersebut mengalami kontraksi 15,6 persen pada bulan Maret. Sementara segmen transportasi darat dan kedirgantaraan masing-masing tumbuh 9,3 persen dan 3,2 persen, segmen teknik laut & lepas pantai tetap lemah, menyusut 30,6 persen dengan tingkat aktivitas pembangunan kilang yang lebih rendah dan permintaan ladang minyak dan lapangan gas yang tidak memuaskan. Segmen ini juga mencatat produksi yang lebih rendah dalam pekerjaan pembuatan kapal dan perbaikan. Untuk kuartal pertama, cluster ini melihat penurunan produksi 11,3 persen.

Produksi teknik presisi tumbuh 12,8 persen pada bulan Maret dan dan 19,4 persen pada kuartal pertama.

Produksi industri manufaktur umum turun 5,1 persen pada bulan Maret dan 6,7 persen pada kuartal pertama.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here