Trump Ajukan Rencana Pemotongan Pajak Perusahaan dan Bisnis Multinasional

643

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengusulkan untuk mengurangi tingkat pajak penghasilan perusahaan dan menawarkan bisnis multinasional suatu keringanan pajak yang besar atas keuntungan luar negeri yang dibawa ke Amerika Serikat, kata beberapa pejabat Selasa malam (25/04), seperti yang dilansir Reuters.

Trump akan mengusulkan pemotongan tarif pajak penghasilan yang dibayarkan oleh perusahaan publik menjadi 15 persen dari 35 persen, dan memungkinkan perusahaan multinasional membawa keuntungan dari luar negeri dengan tarif pajak 10 persen dibandingkan 35 persen sekarang, kata pejabat tersebut.

Trump juga akan meminta pemotongan tajam pada bisnis termasuk banyak kemitraan usaha kecil dan kepemilikan tunggal, menjadi 15 persen dari 39,6 persen, kata seorang pejabat pemerintah.

Proposal Trump tidak mencakup pajak “penyesuaian-perbatasan” yang kontroversial mengenai impor yang merupakan usulan sebelumnya yang dilayangkan oleh Partai Republik di parlemen A.S. sebagai cara untuk mengimbangi kerugian pendapatan akibat pemotongan pajak.

Rencananya tidak seperti diharapkan oleh para analis untuk menyertakan proposal untuk meningkatkan pendapatan baru untuk mengimbangi kerugian akibat pemotongan pajak, dan jika diberlakukan, akan berpotensi menambahkan miliaran dolar ke defisit federal.

Trump mengirim Menteri Keuangan Steve Mnuchin dan Direktur Dewan Ekonomi Nasional Gary Cohn ke Capitol Hill pada hari Selasa untuk memberi tahu anggota parlemen mengenai rencana yang akan diresmikan pada Rabu siang, kemungkinan oleh Mnuchin.

Mnuchin telah memimpin upaya pemerintah untuk membuat paket pajak yang dapat memperoleh dukungan di parlemen, walaupun proposal tersebut akan memiliki jalan yang panjang sebelum menjadi undang-undang, bahkan dengan Republik yang mengendalikan Dewan dan Senat.

Trump juga dapat membatasi tingkat pajak atas individu sebesar 33 persen, mencabut pajak warisan dan alternatif minimum dan memotong pajak untuk kelas menengah, kata analis.

Apakah Trump akan memasukkan ketentuan yang bisa menarik suara Demokrat, seperti proposal untuk mendanai pengeluaran infrastruktur atau kredit pajak penitipan anak seperti yang diusulkan oleh putrinya Ivanka, masih menjadi bahan spekulasi.

Mnuchin dan Cohn, keduanya veteran bank investasi Goldman Sachs, berangkat ke kantor Senat pimpinan Partai Republik Mitch McConnell pada Selasa malam, di mana mereka bertemu dengan Ketua Parlemen Paul Ryan, dan ketua komite pajak Parlemen dan Senat, Orrin Hatch dan Kevin Brady.

Hatch menyebutnya pertemuan awal 30 menit dan para peserta menggambarkannya sebagai positif dan produktif.

Ketika Mnuchin meninggalkan Capitol dia mengatakan kepada wartawan bahwa tidak ada pertanyaan dan bahwa pemerintahan Trump dan Partai Republik di Senat dan parlemen sepakat mengenai “prinsip-prinsip dasar reformasi pajak.”

Pejabat senior Gedung Putih mengatakan Trump ingin melihat Kongres melewati reformasi pajak pada pertengahan musim gugur.

Trump telah berjuang untuk memajukan agenda domestiknya, termasuk pajak. Dengan hari ke 100 sebagai presiden menjelang hari Sabtu, dia belum menawarkan undang-undang formal ke Kongres.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here