Alasan Yen Jepang Kuat Lawan Reformasi Pajak Pemerintahan AS

402

Diantara rival utama dollar AS, hanya yen yang menguat melawan sentimen pengumuman skenario reformasi pajak pemerintahan Donald Trump sehingga mata uang safe haven tersebut bergerak rebound dari posisi pelemahan dalam 2 pekan. Kekuatan safe haven yen bangkit setelah banyak investor yang mencerna pengumuman reformasi pajak tersebut tidak mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Kekuatan yen Jepang sebagai mata uang safe haven mulai bangkit kembali oleh pertimbangan investor yang memperkirakan reforasi pajak akan membuat defisit anggaran semakin membengkak. Karena sentimen tersebut imbal hasil atau yield obligasi AS turun dari puncak tertinggi 2 pekan.

Namun masuki perdagangan sesi Asia hari Kamis (27/4), yen melemah kembali sehingga pair USDJPY berusaha melanjutkan momentum bullish sepekan terakhir. Yen melemah menerima sentimen negatif dari kebijakan moneter BOJ yang akan diumumkan beberapa saat lagi kepada masyarakat dunia.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga sesi Amerika malam nanti pair USDJPY menerima banyak sentimen negatif dari rilis data ekonomi AS yang diperkirakan menunjukkan data yang negatif dari periode sebelumnya.

Pergerakan pair USDJPY  sesi Asia (09:00:21 WIB)  bergerak negatif setelah  dibuka  lebih tinggi pada posisi   111.05  awal  perdagangan  sesi Asia (07.00 WIB),  USDJPY kini bergulir  turun pada posisi 111.20 setelah sempat mencapai posisi  tertinggi di 111.39.

Untuk perdagangan selanjutnya, pair sedang terpangkas  ke posisi awal sesi untuk turun  dan jika tembus lanjut turun ke support kuatnya pada posisi 110.58. Namun jika tidak sampai kisaran tersebut akan naik kembali menuju posisi tertinggi perdagangan sebelumnya pada posisi   111.76.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here