Bursa Eropa 27 April Bergerak Lemah Menjelang Pidato Draghi

636

Pasar Saham di Eropa turun pada Kamis (27/04) menjelang pidato Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi dan laporan pendapatan perusahaan.

Indeks FTSE bergerak pada 7246.35, turun -42.37 poin atau -0.58%

Indeks DAX bergerak pada 12435.46, turun -37.34 poin atau -0.30%

Indeks CAC bergerak pada 5267.36, turun -20,52 poin atau -0,39%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 10675.70, turun -87,70 poin atau -0,81%

Indeks Pan-European Stoxx 600 adalah 0,41 persen lebih rendah dengan sebagian besar sektor perdagangan di wilayah negatif.

Saham asuransi adalah pemain terburuk pada penilaian pendapatan dan rating. Scor melaporkan laba bersih yang lebih rendah sebesar 140 juta euro ($ 152 juta). Credit Suisse menempatkan perusahaan asuransi Legal & General pada penilaian dengan kinerja rendah. Perusahaan turun 5 persen, menjadi salah satu saham dengan kinerja terburuk di awal perdagangan. Moody’s juga memperingatkan Rabu bahwa suku bunga rendah berisiko terhadap perusahaan asuransi global.

Sumber daya dasar dan saham media juga menuju ke selatan pada awal perdagangan. Pelemahan sumber daya dasar dipengaruhi oleh harga komoditas yang lebih rendah dengan bijih besi berjangka Tiongkok turun untuk sesi ketiga dari empat.

Sementara itu, perusahaan iklan terbesar di dunia WPP mengatakan pada hari Kamis bahwa penjualan ditahan di Amerika Utara, di mana perusahaan tersebut kehilangan kontrak utama. Meskipun demikian, kelompok iklan tersebut melaporkan kenaikan penjualan bersih 0,8 persen pada kuartal pertama. Sahamnya bergerak sedikit lebih rendah dalam transaksi awal.

Melihat saham individual, perusahaan penyulingan minyak Finlandia Neste berada di dasar benchmark Eropa, turun hampir 6 persen. Ini terjadi setelah perusahaan melaporkan margin lemah pada produk terbarukan dan ritel.

Di sisi lain, kelompok rumah sakit swasta internasional Mediclinic naik ke puncak benchmark, naik 12 persen. Kelompok yang berbasis di London ini berpihak pada keuntungan karena otoritas kesehatan Abu Dhabi memilah persyaratan pembayaran bersama sebesar 20 persen di rumah sakit swasta.

Selanjutnya, perusahaan teknik dasar laut ke laut Subsea naik 7 persen setelah melaporkan kenaikan pendapatan untuk kuartal pertama.

Draghi diperkirakan akan mengumumkan keputusan kebijakan moneter terbaru ECB saat makan siang Kamis ini. Analis tidak meramalkan adanya perubahan kebijakan namun mengatakan bahwa ada perubahan nada. Sementara di Jepang, bank sentral telah menaikkan perkiraan ekonominya namun tetap mempertahankan kebijakannya tidak berubah.

Pendapatan perusahaan juga menjadi fokus besar Kamis ini.

Deutsche Bank melaporkan pendapatan yang lebih rendah dari perkiraan untuk kuartal pertama, terutama didorong oleh dampak negatif dari spread kredit, namun menggandakan laba bersihnya menjadi 575 juta euro ($ 626 juta). Ini turun 3,2 persen dalam transaksi awal.

Lihat : Pendapatan Deutsche Bank Q1-2017 Masih Dibawah Perkiraan

Di sisi lain, pemberi pinjaman Spanyol BBVA mengalahkan ekspektasi pada hari Kamis saat mengumumkan kenaikan laba bersih sebesar 1,2 miliar euro ($ 1,31 miliar) dibandingkan tahun 709 juta tahun lalu. Namun, bank tersebut turun 1,1 persen pada awal perdagangan.

Bank Nordea melaporkan laba operasi kuartal pertama sebesar 1,1 miliar euro ($ 1,2 miliar) sejalan dengan ekspektasi pasar. Ditambahkan bahwa pihaknya ingin memindahkan kantor pusatnya dari Swedia. Sahamnya naik 1,3 persen.

Lloyds mengejutkan analis pada hari Kamis saat melaporkan angka keuntungan stabil sebesar 2,1 miliar pound ($ 2,7 miliar). Pengamat pasar khawatir bank tersebut akan terkena keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa. Sahamnya melonjak 3 persen.

Maskapai Jerman Lufthansa mengumumkan pendapatan sebelum bunga dan pajak sebesar 25 juta euro ($ 27 juta) dibandingkan dengan kerugian 53 juta tahun lalu. Ini merupakan pertama kalinya maskapai ini melaporkan laba di kuartal pertama tahun ini. Sahamnya turun 1,6 persen.

Pembuat rumah tangga asal Inggris Taylor Wimpey mengatakan pada hari Kamis bahwa ia memiliki awal yang baik untuk mendapatkan permintaan pelanggan 2017 yang positif dan ketersediaan hipotek yang baik. Nilai buku pesanan total naik 2 persen menjadi sekitar £ 2.210 juta. Perusahaan itu sedikit lebih tinggi dalam transaksi awal.

Dari sisi data, Inggris akan mendapatkan indeks harga rumah Nationwide terbaru, zona euro akan mempelajari nomor iklim bisnis terbaru dan angka klaim pengangguran awal A.S. akan dirilis.

Malam nanti akan dirilis data ekonomi AS Durable Goods Orders Maret dan Pending Home Sales Maret yang diindikasikan melemah. Juga dirilis Jobless Claim yang diindikasikan meningkat. Jika terealisir akan menekan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak lemah jika bursa Wall Street melemah. Juga akan mencermati pidato Draghi, laporan laba perusahaan dan pergerakan minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here