Optimisme Konsumen Jerman Diproyeksikan Meningkat Bulan Mei

407

Optimisme di antara konsumen Jerman diproyeksikan rebound lebih dari yang diharapkan pada bulan Mei, mencapai level tertinggi tiga bulan, demikian sebuah survei menunjukkan pada hari Kamis, dengan alasan bahwa keyakinan negara ekonomi terbesar Eropa itu mengarah ke arah yang benar dan penurunan inflasi.

Indikator sentimen konsumen, yang diterbitkan oleh lembaga GfK yang berbasis di Nuremberg dan berdasarkan sebuah survei yang dilakukan terhadap sekitar 2.000 orang Jerman, meningkat menjadi 10.2 pada bulan Mei.

germany-consumer-confidence

Sebuah jajak pendapat Reuters memperkirakan angka utama akan naik menjadi 9,9 dari 9,8 pada bulan sebelumnya.

GfK mengatakan ekspektasi ekonomi secara keseluruhan, kecenderungan untuk membeli dan ekspektasi pendapatan pribadi semuanya meningkat.

Pemerintah telah mengatakan ketidakpastian politik terkait dengan pemungutan suara Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa dan kebijakan proteksionisme di Amerika Serikat mengaburkan pandangan tersebut, namun ekonomi tampaknya mengabaikan ancaman tersebut saat ini.

Proposal yang diajukan oleh Menteri Keuangan A.S. Steve Mnuchin minggu ini untuk memperbaiki sistem pajak tidak memasukkan pajak “penyesuaian-perbatasan” yang kontroversial mengenai impor, sebuah bantuan bagi eksportir Jerman.

“Meskipun ketidakpastian seputar arah ekonomi dan politik masa depan presiden A.S. yang baru dan negosiasi Brexit yang baru dimulai, konsumen Jerman percaya bahwa ekonomi mereka sendiri tetap mengarah ke arah yang benar,” kata peneliti GfK Rolf Buerkl dalam sebuah pernyataan.

Optimisme ini juga mengangkat prospek pendapatan di kalangan orang Jerman, yang merasa keamanan kerja tinggi.

Prospek pendapatan telah mendapat dorongan tambahan oleh inflasi rendah, yang pada bulan Maret melambat untuk pertama kalinya dalam hampir setahun.

Perputaran ekonomi yang stabil, pasar tenaga kerja yang kuat, tingkat suku bunga yang rendah dan inflasi yang terkendali meningkatkan kecenderungan konsumen Jerman untuk melakukan pembelian lebih besar.

Kebijakan ekspansif Bank Sentral Eropa terutama membantu meningkatkan konsumsi swasta di Jerman, yang merupakan satu dari tiga pendorong pertumbuhan utama di samping konstruksi dan belanja negara.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here