Pertumbuhan Ekonomi Q1 Korea Selatan Meningkat

659

Perekonomian Korea Selatan tumbuh lebih cepat pada kuartal pertama dari tiga bulan sebelumnya terdukung meningkatnya investasi konstruksi dan ekspor, demikian data bank sentral pada hari Kamis (27/04).

Pada periode Januari-Maret, produk domestik bruto (PDB) negara tersebut meningkat 0,9 persen dari kuartal sebelumnya, meningkat dari ekspansi triwulan ke kuartal 0,5 persen tiga bulan sebelumnya, menurut data awal dari Bank of Korea (BOK).

south-korea-gdp-growth

Pertumbuhan di kuartal ini merupakan yang tercepat sejak kuartal kedua tahun lalu.

Dari tahun sebelumnya, ekonomi terbesar keempat di Asia ini tumbuh 2,7 persen.

south-korea-gdp-growth-annual

Data bank sentral menunjukkan investasi konstruksi tumbuh 5,3 persen pada kuartal pertama dari kuartal sebelumnya, dan investasi fasilitas naik 4,3 persen pada kuartal pertama di kuartal pertama.

Data tersebut juga menunjukkan sektor jasa meluas 0,1 persen dari kuartal sebelumnya, dibandingkan dengan ekspansi 0,2 persen pada kuartal tiga bulan sebelumnya.

Chung Kyu-il, direktur jenderal Departemen Statistik Ekonomi di BOK, menyatakan penyebab pertumbuhan sektor jasa yang lambat adalah penurunan jumlah turis Tiongkok, sentimen konsumen yang buruk dan orang-orang menunda membeli smartphone menjelang rilis Samsung Electronics. Co’s Galaxy S8.

Samsung memulai penjualan resmi Galaxy S8 dan smartphone Galaxy S8 Plus di Korea Selatan pada hari Jumat lalu.

Sektor jasa meliputi perdagangan grosir dan eceran, restoran, dan hotel.

Bisnis yang terkait dengan pariwisata lokal telah menanggung beban larangan penjualan trip Tiongkok ke Korea Selatan karena pembalasan nyata terhadap Seoul atas sistem pertahanan rudal A.S.

Seoul dan Washington mulai menggunakan perisai rudal A.S. di Korea Selatan untuk melawan ancaman nuklir dan rudal Korea Utara.

Namun, Tiongkok telah berulang kali menekan Korea Selatan dan A.S. untuk membatalkan pengerahan dan menarik sistem pertahanan rudal, yang mengklaim bahwa sistem pertahanan rudal A.S. dapat menekan kepentingan keamanan Tiongkok.

Ekspor – salah satu pilar utama ekonomi Korea Selatan – tumbuh 1,9 persen dari kuartal sebelumnya, sementara impor meningkat 4,3 persen.

Pendapatan kotor domestik naik 2,3 persen pada kuartal pertama dari kuartal sebelumnya, dibandingkan dengan ekspansi 0,8 persen tiga bulan sebelumnya, kata BOK.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here