Bursa Wall Street Berakhir Kuat Terdukung Saham Teknologi; Nasdaq Cetak Rekor Tertinggi

449

Bursa Saham A.S. ditutup menguat pada akhir perdagangan Jumat dinihari (28/04) terdukung kinerja positif saham teknologi.

Indeks Dow Jones dan S & P 500 berjuang untuk menahan kenaikan pada pembukaan, sementara indeks Nasdaq teknologi ditutup pada rekor tertinggi.

Saham Comcast, PayPal dan Amazon.com termasuk di antara kontributor terbesar untuk keuntungan di Nasdaq.

Menjelang pembukaan, induk perusahaan NBCUniversal Comcast melaporkan laba kuartalan lebih baik dari perkiraan sebesar 53 sen per saham dan pendapatan juga di atas perkiraan. Saham naik hampir 4 persen, mengikuti hari terbaik mereka sejak 3 Februari 2016.

Teknologi informasi termasuk di antara emiten S & P 500 teratas, sementara energi adalah yang terburuk, turun lebih dari 1 persen karena harga minyak turun lebih 1 persen karena kelebihan pasokan.

Kontrak minyak mentah A.S. untuk pengiriman Juni mencapai level terendah sejak 29 Maret dan menetap di $ 48,97 per barel, turun 1,3 persen.

Sementara musim berkendara musim panas secara historis membantu mendorong harga minyak lebih tinggi, tingkat persediaan dalam negeri “tetap meningkat menurut standar historis,” demikian menurut analis.

Alphabet, Amazon.com, Intel, Microsoft, dan Starbucks termasuk di antara perusahaan yang akan melapor setelah bel penutupan.

Teknologi, bagian penting dari apa yang disebut pertumbuhan perdagangan, telah memimpin rally pasar A.S. sepanjang tahun ini.

Pesanan barang tahan lama naik kurang dari yang diperkirakan 0,7 persen pada bulan Maret. Klaim pengangguran mingguan meningkat lebih dari yang diharapkan menjadi 257.000. Penjualan rumah yang tertunda turun 0,8 persen di bulan Maret.

Hasil Treasury diperdagangkan sebagian besar lebih rendah. Euro bertahan di bawah $ 1,090.

Bank Sentral Eropa mempertahankan suku bunga acuan pada nol persen dan kebijakan moneter tidak berubah. Presiden ECB Mario Draghi mengatakan dalam sebuah pernyataan pembuka bahwa pembelian aset bersih pada tingkat bulanan baru sebesar 60 miliar euro (hampir $ 65,6 miliar) akan “berjalan sampai akhir Desember 2017, atau lebih jauh lagi, jika perlu.”

Indeks Dow Jones ditutup menguat 6,24 poin atau 0,03 persen menjadi 20.981,3, dengan saham Boeing dan Home Depot memiliki dampak positif terbesar, sementara saham DuPont dan Caterpillar memberikan kontribusi terbesar terhadap kerugian.

Indeks S & P 500 naik 1,32 poin atau 0,06 persen menjadi 2.388,77, dengan konsumen discretionary dan teknologi informasi memimpin lima sektor lebih tinggi dan energi mengalami penurunan terbesar.

Indeks Nasdaq naik 23,71 poin atau 0,39 persen menjadi 6.048,94.

Malam nanti akan dirilis data GDP Growth Rate AS kuartal pertama yang diindikasikan melemah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street untuk perdagangan selanjutnya akan bergerak lemah jika data GDP Growth Rate AS terealisir menurun. Juga akan mencermati laporan laba emiten dan pergerakan harga minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here