Pertumbuhan Ekonomi AS Q1 Melambat; Pertumbuhan Q2 Diperkirakan Rebound 3 Persen

1024
Vibizmedia Photo

Perekonomian A.S. melambat, membukukan kinerja terlemah dalam tiga tahun di kuartal Januari-Maret karena konsumen secara tajam memperlambat pengeluaran mereka.

Produk domestik bruto, total produksi barang dan jasa, tumbuh hanya 0,7 persen pada kuartal pertama menyusul kenaikan 2,1 persen pada kuartal keempat, demikian Departemen Perdagangan AS merilis pada Jumat (28/04).

united-states-gdp-growth

Pemerintah merilis pembacaan pertama pada PDB kuartal pertama pada hari Jumat. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan tingkat 1,2 persen.

Perlambatan terutama mencerminkan belanja konsumen yang lebih lambat, yang tumbuh hanya 0,3 persen. Itu adalah pertunjukan paling buruk di lebih dari tujuh tahun. Analis menyalahkan sebagian musim dingin yang luar biasa hangat, yang berarti lebih sedikit pengeluaran untuk tagihan listrik.

Para ekonom yakin perlambatan akan bersifat sementara. Mereka memperkirakan pertumbuhan PDB akan rebound menjadi 3 persen atau lebih baik pada kuartal saat ini.

Keyakinan tersebut didukung kabar baik di kuartal pertama. Investasi bisnis meningkat lebih jauh, dengan pengeluaran untuk peralatan melompat pada tingkat 9,1 persen berkat meningkatnya pengeboran gas dan minyak karena harga minyak terus berlanjut dari posisi terendah multi tahun.

Pengeluaran eksplorasi pertambangan, sumur dan poros melonjak pada tingkat rekor 449 persen setelah naik pada kecepatan 23,7 persen pada kuartal keempat, yang menyebabkan kenaikan investasi struktur non-residensial.

Pengeluaran untuk struktur non-residensial dipercepat pada kecepatan 22,1 persen pada kuartal pertama setelah jatuh pada tingkat 1,9 persen pada periode sebelumnya.

Investasi di gedung rumah naik pada tingkat 13,7 persen. Ekspor naik pada tingkat 5,8 persen, melampaui tingkat kenaikan impor 4,1 persen. Itu meninggalkan defisit perdagangan yang lebih kecil, yang memiliki dampak netral terhadap pertumbuhan PDB.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang
Image : Vibizmedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here