Poundsterling Tetap Kuat Meski Data PDB Inggris Mengecewakan

868

Posisi pergerakan nilai tukar pound Inggris dalam pair GBPUSD di tengah sesi Eropa hari Jumat (28/4) bersiap mencetak penguatan mingguan untuk 3 pekan berturut dengan posisi pair masih bergerak rally. Rally GBPUSD masuki hari keempat berturut terus melaju hiraukan buruknya rilis data prelim PDB Q1-2017.

Kantor statistik Inggris (ONS) melaporkan pertumbuhan ekonomi sepanjang kuartal pertama tahun 2017 menurut survey awal turun cukup signfikan dari data kuartal terakhir tahun 2016. Sentimen negatif dari rilis data ini diredam oleh aksi jual dollar AS cukup besar pasca rally euro dalam EURUSD dan buruknya fundamental mata uang utama global tersebut.

Rally GBPUSD akan semakin kencang jika di sesi Amerika beberapa jam lagi akan dilaporkan kondisi pertumbuhan ekonomi Amerika periode Q1-2017 berdasarkan data awal yang nilainya jauh dibawah data PDB kuartal sebelumnya. Buruknya data PDB AS pada sesi malam ini akan memperdalam kejatuhan dollar AS.

Pergerakan poundsterling sesi Eropa (18:10:00 WIB)  menguat terhadap dollar AS,  setelah  dibuka lebih rendah dari  perdagangan sebelumnya pada 1.2902    awal   perdagangan sesi Asia. Kini pair GBPUSD berada di posisi 1.2941  yang  sempat mencapai posisi  terendah di 1.2887 dan tertinggi di 1.2955. Pair sudah berhasil melewati posisi resisten kuatnya.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga  perdagangan sesi Amerika berakhir,  pair dapat melaju terus ke posisi resisten lemahnya  di posisi 1.2981.  Namun jika  terjadi koreksi negatif kembali turun menuju MA5 di 1.2863.

Joel/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here