Bursa Eropa 2 Mei Bergerak Positif Mencerna Laporan Pendapatan

393

Pasar Saham Eropa bergerak lebih tinggi pada perdagangan tengah hari Selasa (02/05) karena investor bereaksi terhadap laporan pendapatan baru dan menunggu pemilihan presiden Prancis yang akan datang.

Indeks FTSE bergerak pada 7239.02, naik 35,08 poin atau 0,49%

Indeks DAX bergerak pada 12460.65, naik 22,64 poin atau 0,18%

Indeks CAC bergerak pada 5286.59, naik 19,26 poin atau 0,37%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 10788.30, naik 72,50 poin atau 0,68%

Indeks Pan-European Stoxx 600 bergerak naik 0,25 persen dengan sebagian besar sektor dan bursa utama diperdagangkan di wilayah positif.

Sektor minyak dan gas Eropa termasuk yang berkinerja terbaik pada transaksi pertengahan pagi tentang berita pendapatan. BP bergerak ke arah puncak indeks setelah keuntungannya hampir tiga kali lipat di kuartal pertama jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sahamnya 1,5 persen lebih tinggi pada Selasa pagi.

Saham Sumber daya dasar membatasi kenaikan Eropa karena sektor ini kontraksi 1,2 persen pada hari Selasa. Raksasa pertambangan Fresnillo dan Randgold Resources keduanya turun lebih dari 2,4 persen pada transaksi tengah hari karena sentimen positif dari investor pada sesi sebelumnya nampaknya mereda.

Toko online berbasis di London Ocado mencapai puncak benchmark Eropa pada hari Selasa di tengah laporan perusahaan tersebut sedang menjajaki merger dengan Marks & Spencer. Saham perusahaan tersebut rally di atas 7,4 persen pada transaksi pagi-pagi. Laporan tersebut tidak dapat diverifikasi secara independen oleh CNBC.

Manajer dana yang fokus pada pasar Aberdeen Asset Management melaporkan pendapatan semester pertama melonjak 10,6 persen karena pemotongan biaya dan keuntungan pasar dikombinasikan untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Sahamnya bergerak di atas 3,6 persen lebih tinggi.

Saham produsen polimer Swedia Hexpol merosot 8 persen pada hari Selasa. Saham perusahaan yang berbasis di Stockholm itu siap untuk membukukan hari perdagangan terburuk sejak 30 Maret karena Kepler Cheuvreux menurunkan peringkatnya untuk “menahan” dari “beli”, dengan alasan prospek yang lebih lemah.

Dua saingan politik dalam pemilihan presiden Prancis menukar kritik pada awal minggu terakhir kampanye pada hari Senin. Kandidat Marine Le Pen menyerang pro-EU sentris Emmanuel Macron sebagai “kandidat kontinuitas”, sedangkan yang kedua bersikeras dia akan bertarung “sampai detik terakhir” untuk mengalahkan pemimpin Front Nasional. Warga negara Prancis akan memilih perdana menteri baru dalam pemilihan putaran kedua putaran kedua pada hari Minggu.

Presiden A.S. Donald Trump mengatakan bahwa dia akan merasa terhormat untuk bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg News pada hari Senin. Namun, Gedung Putih menyarankan agar banyak kondisi perlu dibersihkan agar kedua perdana menteri menjadwalkan pertemuan.

Sementara itu, bursa saham A.S. ditutup lebih tinggi hari Senin, menyingkirkan komentar dari Trump yang berbicara tentang pemecahan bank-bank besar. Rally tersebut, yang membuat Nasdaq tutup pada level tertinggi sepanjang masa, mendukung aset Eropa yang melanjutkan perdagangan setelah libur May Day pada hari Senin.

Di tempat lain, Kanselir Jerman Angela Merkel akan bertemu dengan Presiden Vladimir Putin di Sochi, Rusia pada hari Selasa. Pertemuan tersebut terjadi pada saat hubungan bilateral antara Berlin dan Moskow berada pada titik terendah dalam perang di Suriah dan aneksasi Rusia di Krimea.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati laporan laba perusahaan dan pergerakan Wall Street serta minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here