Bursa Hong Kong 2 Mei Ditutup Naik; Bulan April Melonjak 3,4 Persen

561

Pada penutupan perdagangan bursa saham Hong Kong Jumat (28/04), indeks Hang Seng berakhir naik 81,00 poin, atau 0,33 persen, menjadi ditutup pada 24696.13. Penguatan Bursa Saham Hong Kong terdukung optimisme pendapatan perusahaan industri berteknologi tinggi mengimbangi survei pabrik yang lebih lemah dari perkiraan di Tiongkok dan Amerika Serikat.

Kenaikan Indeks Hang merupakan level tertinggi dalam 21 bulan, dipimpin oleh indeks kelas berat Tencent, yang naik 2 persen ke rekor tertinggi.

Indeks manajer pembelian manufaktur Caixin untuk bulan April dicetak di 50,3, level terendah dalam tujuh bulan. Pembacaan bulanan masih di depan level 50 yang memisahkan ekspansi dari kontraksi, namun turun dari 51,7 di bulan Maret, dan lebih buruk dari perkiraan 51,2 analis.

PMI resmi cenderung mencerminkan kinerja perusahaan milik negara besar, sedangkan PMI Caixin sektor swasta dianggap sebagai ukuran yang lebih baik dari perusahaan swasta yang lebih kecil.

Lihat : Pertumbuhan Manufaktur April Tiongkok Melambat Terlemah 7 Bulan

Namun sub indeks saham teknologi menguat 1,6 persen.

Saham-saham Tiongkok yang terdaftar di Hong Kong jatuh untuk sesi keempat berturut-turut di tengah kekhawatiran bahwa pembatasan properti di Tiongkok akan merugikan pendapatan para pengembang.

Sedangkan indeks Hang Seng berjangka terpantau naik 9,00 poin atau 0,04 persen, pada 24,569.00, naik dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 24,561.00.

Untuk bulan April bursa Hong Kong melonjak 3,4 persen.

Kenaikan bulan April didukung penguatan tinggi pada minggu terakhir April, naik 2,4 persen. Penguatan bursa Hong Kong terdukung meredanya ketidakpastian politik di Perancis setelah terpicilhnya kandidat yang disukai pasar. Rally bursa Wall Street juga memberikan dukungan positif. Bahkan bursa Hong Kong ditutup pada level tertingginya dalam 20 bulan pada minggu ini karena sentimen investor tetap didukung oleh prospek pertumbuhan global yang lebih baik dan redanya kekhawatiran tentang risiko politik di Eropa.

Kenaikan bursa Hong Kong mingguan lainnya juga didukung kenaikan bursa Asia, juga terbantu penguatan bursa Shanghai yang naik terdorong pengembangan kawasan baru Xiongan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Hang Seng akan mencermati pergerakan bursa Wall Street. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 24,043-23,516, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 25,032-25,559.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here