Indeks Hang Seng Bergerak Naik, Saham Belle International Melonjak 16 Persen

574

Pada perdagangan bursa Hong Kong Selasa (02/05), indeks Hang Seng bergerak positif, saat ini terpantau naik 65,34 poin atau 0,27 persen pada 24680.47. Penguatan indeks Hang Seng terbantu kinerja positif peritel alas kaki Belle International yang melonjak dengan kenaikan persentase dua digit menyusul tawaran pembelian oleh kelompok ekuitas swasta.

Belle International, peritel sepatu terbesar Tiongkok, melonjak 16 persen, lonjakan single-session terbesar dalam setidaknya 10 tahun, setelah sebuah konsorsium perusahaan ekuitas swasta Tiongkok menawarkan diri untuk membawa perusahaan tersebut secara pribadi pada Jumat sebesar US $ 6,8 miliar. Harga penawaran ditetapkan pada HK $ 6,30 per saham, yang merupakan premi 20 persen terhadap harga penutupan sebelumnya.

Analis mengatakan bahwa Belle harus melalui “perombakan multiyears,” yang dapat menyebabkan biaya restrukturisasi yang besar dan volatilitas pendapatan yang pemegang saham publik mungkin tidak memiliki kesabaran untuk melewatinya.

Namun pasar saham lebih berhati-hati karena investor mempertimbangkan survei manufaktur sektor swasta.

Indeks manajer pembelian manufaktur Caixin untuk bulan April dicetak di 50,3, level terendah dalam tujuh bulan. Pembacaan bulanan masih di depan level 50 yang memisahkan ekspansi dari kontraksi, namun turun dari 51,7 di bulan Maret, dan lebih buruk dari perkiraan 51,2 analis.

PMI resmi cenderung mencerminkan kinerja perusahaan milik negara besar, sedangkan PMI Caixin sektor swasta dianggap sebagai ukuran yang lebih baik dari perusahaan swasta yang lebih kecil.

Lihat : Pertumbuhan Manufaktur April Tiongkok Melambat Terlemah 7 Bulan

Meskipun demikian, para analis memperingatkan untuk tidak terlalu percaya pada angka hari ini, dengan pasar Hong Kong tutup lagi pada hari Rabu untuk liburan publik.

Sedangkan indeks Hang Seng berjangka terpantau naik 18,00 poin atau 0,07 persen, pada 24,579.00, naik dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 24,561.00.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Hang Seng akan bergerak positif jika saham Belle terus meningkat. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 24,043-23,516, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 25,032-25,559.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here