Bursa Eropa 3 Mei Bergerak Lemah Merespon Negosiasi Brexit

450

Pasar Saham Eropa diperdagangkan lebih rendah pada hari Rabu (03/05) karena investor mencerna laporan terbaru dalam negosiasi Brexit dan pendapatan perusahaan.

Indeks FTSE bergerak pada 7227.41, turun -22.64 poin atau -0.31%

Indeks DAX bergerak pada 12495.94, turun -11.96 poin atau -0.10%

Indeks CAC bergerak pada 5293.44, turun -10.71 poin atau -0.20%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 10812.70, turun -7.60 poin atau -0.07%

Indeks Pan-European Stoxx 600 turun 0,21 persen, dengan sebagian besar sektor diperdagangkan di wilayah negatif pada hari Rabu. Penurunan tersebut dipimpin oleh Basic Resources, yang turun 2,47 persen, di tengah penurunan harga logam. Raksasa pertambangan Centamin, Antofagasta dan Fresnillo semua diperdagangkan pada Rabu pagi.

Mobil juga turun, terbebani oleh produsen mobil Daimler, Volkswagen dan Saab.

Pengecer makanan Sainsbury’s turun 4,9 persen setelah melaporkan penurunan keuntungan sebelum pajak. Sementara itu, ITV diperdagangkan lebih rendah setelah diumumkan bahwa Chief Executive perusahaan media Adam Crozier akan mengundurkan diri. Penggantinya belum disebutkan namanya.

Di tempat lain, bank terlihat positif, diperdagangkan 0,21 persen lebih tinggi. Bank Prancis BNP Paribas naik 0,65 persen setelah mengalahkan ekspektasi analis untuk pendapatan kuartal pertama.

Perusahaan farmasi Novo Nordisk terlihat di bagian atas benchmark, naik 6,7 persen, setelah produsen insulin tersebut melaporkan kenaikan laba bersih sebesar 7 persen.

Selain berita pendapatan, Eropa terlihat terbagi setelah perkembangan terakhir dalam pembicaraan Brexit melihat Prancis dan Jerman memperkuat pendirian mereka terhadap Inggris, mengklaim bahwa mereka akan mengharapkan pembayaran kotor di muka hingga 100 miliar euro ($ 109 miliar), menurut yang laporan baru dari Financial Times.

Juga di Prancis, berkampanye untuk putaran kedua pemilihan presiden telah memasuki hari-hari terakhirnya memenangkan lawan Emmanuel Macron dan Marine Le Pen yang berlomba-lomba untuk mendapatkan dukungan akhir yang penting. Keduanya akan saling berhadapan pada Rabu malam dalam debat di televisi.

Sementara di Amerika Serikat, Federal Reserve akan melanjutkan pertemuan kebijakan dua harinya, dengan sebagian besar investor memperkirakan Bank Sentral mempertahankan suku bunga stabil, dan Presiden AS Donald Trump akan bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak lemah merespon negosiasi Brexit. Namun juga akan mencermati laporan laba perusahaan dan pergerakan Wall Street serta minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here