Indeks ASX 200 Dibuka Turun, Saham Perbankan dan Penambang Merosot

449

Hasil keuangan ANZ yang lebih lemah dari perkiraan, harga bijih besi datar dan peringatan keuntungan dari telco Vocus menarik pasar saham ke dalam zona merah pada perdagangan Rabu (03/05). Indeks acuan S & P / ASX200 turun 0,5 persen pada 1215 AEST.

Bank-bank besar terus turun setelah pengumuman keuntungan tunai setengah tahun ANZ yang lebih lemah dari perkiraan pada hari Selasa, semua turun setidaknya 0,7 persen, sedangkan ANZ berkinerja terburuk, turun 1,8 persen.

Para penambang juga tertekan setelah hari ketiga berturut-turut harga bijih besi datar, dengan Rio Tinto turun 1,4 persen, BHP Billiton turun 1,8 persen dan Fortescue Metals 0,5 persen lebih lemah.

Kelemahan utama lainnya adalah sektor telco, yang investor hindari setelah Vocus mengeluarkan peringatan keuntungan kedua dalam enam bulan.

Saham Vocus telah merosot hampir 30 persen menjadi $ 2,37 setelah berita tersebut, sementara Telstra turun 0,5 persen.

Dolar Australia stabil terhadap dolar AS karena investor menunggu keputusan Komite Pasar Terbuka AS mengenai suku bunga pada hari Kamis.

Pagi ini dirilis pertumbuhan sektor jasa Australia yang meningkat pada bulan April.

Pertumbuhan sektor jasa Australia terus berkembang di bulan April, namun industri jasa kesehatan dan layanan masyarakat yang padat pekerjaan, bersamaan dengan perdagangan eceran, telah mengalami kontraksi, demikian rilis pada Rabu (03/05).

Indeks Kinerja Layanan Industri Australia (PSI) naik 1,3 poin ke level 53,0 poin di bulan April, berada di atas level 50 yang menandai perluasan.

Lihat : Pertumbuhan Jasa April Australia Meningkat

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks ASX 200 akan bergerak lemah dengan pelemahan saham perbankan dan penambang. Namun penguatan bursa Wall Street dan peningkatan pertumbuhan sektor jasa dapat memberikan dukungan.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here