Bursa Eropa 4 Mei Bergerak Kuat; Indeks CAC dan DAX Melonjak Tinggi

487

Pasar Saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada pertengahan perdagangan hari Kamis (04/05) setelah didukung oleh pendapatan perusahaan dan hasil debat politik memperlihatkan calon presiden dari partai tengah Emmanuel Macron mempertahankan keunggulannya mengatasi Marine Le Pen menjelang pemilihan Prancis hari Minggu ini.

Indeks FTSE bergerak pada 7260.03, naik 25,50 poin atau 0,35%

Indeks DAX bergerak pada 12628.37, naik 100,53 poin atau 0,80%

Indeks CAC bergerak pada 5346.52, naik 45,52 poin atau 0,86%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 10925.70, naik 88,70 poin atau 0,82%

Indeks Pan-European Stoxx 600 lebih tinggi 0,4 persen, dengan sebagian besar sektor telah bergeser ke wilayah positif pada pertengahan pagi. Indeks CAC 40 Prancis mencapai tingkat tertinggi sejak Januari 2008, sementara indeks DAX Jerman mencapai rekor tertinggi baru pada awal perdagangan.

Saham minyak dan gas merupakan salah satu pemain terbaik setelah Royal Dutch Shell melaporkan kenaikan laba tahunan sebesar 136 persen pada kuartal pertama. Itu diperdagangkan naik 2,48 persen pada awal transaksi.

Bank juga berada di ujung atas tolok ukur Kamis pagi. HSBC mengalahkan perkiraan analis pada kuartal pertama. Meskipun melaporkan penurunan 19 persen dalam keuntungan sebelum pajak, bank tersebut diperdagangkan naik 3,5 persen.

Di sisi lain, sektor sumber daya dasar adalah pemain terlemah, turun 1,28 persen setelah penurunan tajam harga logam dan kenaikan dolar A.S. pada hari Kamis pagi. Ritel juga berjuang dalam transaksi awal karena pengecer pakaian dari negara bagian Inggris Next menemukan dirinya berada di bagian bawah Stoxx 600, turun 4,8 persen, setelah melaporkan penurunan penjualan.

Investor diyakinkan semalam setelah jajak pendapat Elabe memberi kesan bahwa Macron telah memenangkan pemilhan dengan 63 poin versus 34 poin posisi Le Pen’s setelah pasangan tersebut berdebat atas visi mereka tentang masa depan Prancis, euro dan terorisme dalam debat TV.

Sementara itu, pasar A.S. terdorong setelah Federal Reserve mempertahankan suku bunga dan memberikan penilaian hawkish terhadap pertumbuhan ekonomi pada puncak pertemuan kebijakan dua hari bank sentral tersebut.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak kuat merespon hasil proyeksi kemenangan Macron dalam pemilihan Presiden Perancis. Bursa juga akan mencermati laporan laba perusahaan, data ekonomi dan pergerakan Wall Street serta minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here