Pertumbuhan Bisnis April Zona Eropa Meningkat Tertinggi 6 Tahun

524

Pertumbuhan bisnis zona Eropa memulai kuartal kedua dengan meraih kinerja terbaik mereka dalam enam tahun, menurut sebuah survei pada hari Kamis (04/05) yang menyarankan
pemulihan ekonomi blok negara ini luas dan berkelanjutan.

Aktivitas yang diperluas sedikit lebih cepat dari prediksi sebelumnya dan kompiler survei IHS Markit mengatakan data tersebut konsisten dengan tingkat pertumbuhan PDB sebesar 0,7 persen. Angka resmi pada hari Jumat menunjukkan blok tersebut jauh melampaui kuartal terakhir Amerika Serikat.

Indeks Manajer Pembelian Komposit IHS Markit (PMI) yang terakhir, yang dianggap sebagai panduan pertumbuhan yang baik, naik ke level tertinggi enam tahun di 56,8 di bulan April dari 56,4 bulan. Sebuah bacaan flash sebelumnya menyarankan kenaikan dangkal ke 56,7.

euro-area-composite-pmi

“Survei PMI menggambarkan ekonomi yang tumbuh dengan kecepatan yang sangat menggembirakan dan risiko bergerak dari sisi negatif ke situasi yang lebih seimbang,” kata Chris Williamson, ekonom bisnis utama di IHS Markit.

Survei PMI sebelumnya yang mencakup empat blok ekonomi terbesar menunjukkan pertumbuhan tetap kuat di Jerman dan Prancis dan dipercepat di Spanyol dan Italia.

Menunjuk pada ekspansi yang solid bulan ini, pertumbuhan bisnis baru di bulan April hanya sedikit lebih lemah dari pada setinggi enam tahun di bulan Maret. Sub-indeks komposit zona Eropa turun menjadi 55,9 dari 56,2.

Mencocokkan kinerja mengesankan yang dilaporkan oleh produsen awal pekan ini, perusahaan-perusahaan di industri jasa dominan blok tersebut juga mengatakan pertumbuhan berada pada level tertinggi enam tahun.

Layanan PMI naik menjadi 56,4 dari 56,0. Itu mengalahkan perkiraan flash 56,2 dan merupakan yang tertinggi sejak April 2011.

Kenaikan aktivitas terjadi meskipun perusahaan menaikkan harga lagi, meski pada tingkat yang lebih lemah dari pada bulan Maret. Harga sub-indeks harga layanan turun menjadi 51,7 dari 52,2, yang merupakan level tertinggi enam tahun.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here