Pertumbuhan Sektor Jasa April AS Rebound

404

Pertumbuhan sektor jasa di AS rebound pada bulan April. Indeks ISM non-manufaktur Institute for Supply Management naik 2,3 poin menjadi 57,5 pada April setelah turun di bulan Maret. Angka April cukup jauh di atas proyeksi pasar yang hanya naik sederhana menjadi 55,8. Rebound bulanan membawa indeks kembali mendekati level tertinggi sejak akhir 2015. Demikian rilis Rabu (03/05).

Kenaikan tersebut meluas dengan sebagian besar sub indikator mencatat rebound pada bulan tersebut. Di antara yang paling ditandai adalah kenaikan pesanan baru dan pesanan ekspor baru masing-masing menjadi 63,2 dan 65,5. Kedua sub-indeks tersebut berada pada level tertinggi sejak sebelum resesi besar.

united-states-non-manufacturing-pmi

Kegiatan usaha naik 3,5 poin menjadi 62,4, sedangkan harga yang harus dibayar naik 4,1 poin menjadi 57,6. Di antara indikator yang tersisa, sentimen persediaan dan impor turun di bulan April. Namun, sub-indeks ketenagakerjaan merupakan titik lemah utama yang dilaporkan, mengurangi 0,2 poin menjadi 51,4. Hampir semua industri non-manufaktur yang disurvei mencatat pertumbuhan di bulan April, dengan sektor kehutanan, pertanian, perikanan & perburuan menjadi satu-satunya pengecualian.

Indeks non-manufacturing ISM dipercepat pada bulan April, berbeda dengan ekuivalen manufakturnya yang turun untuk bulan kedua berturut-turut. Rebound bulanan sangat menggembirakan karena kenaikannya meluas.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here