Ambruknya Harga Komoditas Jatuhkan Aussie ke Jurang 17 Pekan Terendah

770

Pergerakan kurs aussie hingga perdagangan sesi Eropa hari Jumat (5/5) masih mengalami tekanan jual yang cukup parah hingga anjlok ke posisi terendah dalam 17 pekan terhadap dollar AS. Sejak awal pekan kurs aussie dalam pair AUDUSD mendapat tekanan jual yang cukup oleh sentimen anjloknya harga komoditas dunia.

Sepanjang pekan ini hingga perdagangan akhir pekan hari Jumat (5/5) terpantau harga komoditas anjlok oleh tekanan dollar AS yang lebih tinggi dan juga beberapa sentimen global lainnya seperti pasokan minyak mentah global untuk penurunan harga minyak mentah. Anjloknya harga minyak mentah memberikan sentimen negatif bagi posisi harga bijih besi yang merupakan komoditas unggulan Australia.

Lihat: Harga Minyak Mentah Sesi Asia Turun 5 Bulan Terendah

Pergerakan kurs aussie  sesi Eropa (18:35:46 WIB)  bergerak  negatif  terhadap dollar AS,  setelah  dibuka turun  pada  0.7406  awal  perdagangan sesi Asia (07.00 WIB),  kurs  aussie kini bergulir pada posisi 0.7388 dan sempat terjun ke posisi support kuatnya.

Untuk pergerakan teknikal AUDUSD selanjutnya hingga sesi Amerika pair dapat tertekan menuju support lemahnya pada 0.7358, dan jika terjadi koreksi positif pair AUDUSD naik menuju posisi awal sesi sebelum mencapai resisten kuatnya. di 0.7421.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here