Bursa Eropa Sebagian Besar Lemah Terganjal Kemerosotan Minyak Mentah

556

Pasar Saham Eropa turun pada Jumat (05/05) karena anjloknya harga minyak membebani sentimen investor.

Indeks FTSE bergerak pada 7256.47, naik 8,37 poin atau 0,13%

Indeks DAX bergerak pada 12610.68, turun -37,10 poin atau -0,29%

Indeks CAC bergerak pada 5359.13, turun -13.29 poin atau -0.25%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 10991.00, turun -21,90 poin atau -0,20%

Indeks Pan-European Stoxx 600 turun 0,3 persen pada awal transaksi Jumat, dengan sebagian besar sektor perdagangan di wilayah negatif. Namun, saham di kelompok pendidikan Pearson melonjak 13,5 persen pada rencana restrukturisasi baru, termasuk penjualan potensial lengan A.S.

Minyak dan gas termasuk di antara pemain terburuk pada hari Jumat karena merosotnya harga minyak membebani dan menyeret sektor ini turun 0,84 persen. Harga minyak mentah turun ke level terendah dalam enam bulan pada hari Jumat. Minyak mentah Brent, patokan internasional, telah turun di bawah $ 45 per barel untuk pertama kalinya sejak OPEC dan beberapa negara non-OPEC sepakat untuk memotong produksi dalam upaya untuk meningkatkan harga.

Sementara itu, telekomunikasi juga turun, ditarik turun karena kerugian bagi Telefonica dan Inmarsat. Yang terakhir ini terlihat di bagian bawah benchmark setelah pemegang saham memberikan suara menentang kebijakan pembayaran perusahaan, yang mendorong tinjauan remunerasi pada hari Kamis.

IHG Group sedikit lebih rendah setelah bisnis tersebut melaporkan kenaikan pendapatan global kuartalan 2,7 persen per ton dan mengungkapkan CEO Richard Solomons akan turun pada akhir Juli. Dia akan digantikan oleh Keith Barr, petugas komersial utama IHG saat ini.

Di ujung lain benchmark, ritel dan perjalanan dan liburan diperdagangkan sedikit lebih tinggi pada hari Jumat. Marks and Spencer naik 3,5 persen setelah mengumumkan mantan bos Asda Archie Norman sebagai ketua baru dan mantan CEO Halfords Jill McDonald sebagai kepala cabang pakaiannya.

Sementara itu, euro diperdagangkan mendekati level tertinggi enam bulan di transaksi Asia pada hari Jumat karena perkembangan terakhir dalam politik Prancis membuat Macron semakin dekat dengan kunci istana Elysee pada hari terakhir berkampanye. Jaksa di Paris membuka penyelidikan terhadap peretasan pemilihan Kamis setelah Macron mengajukan keluhan atas rumor online yang mengklaim bahwa dia memiliki rekening bank rahasia Karibia.

Malam nanti akan dirilis data Non Farm Payrolls April dan pertumbuhan upah April AS yang diindikasikan meningkat. Jika terealisir akan menguatkan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak kuat jika data ekonomi AS positif dan menguatkan bursa Wall Street. Bursa juga akan mencermati laporan laba perusahaan, data ekonomi dan pergerakan minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here